Daftar Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Kuningan Jawa Barat

4
SHARE
 Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Kuningan Jawa Barat, ngabuburit di kuningan jawa barat, restoran di kuningan jawa barat, tempat makan di kuningan jawa barat, kedai kopi tempat ngopi di kuningan jawa barat, kafe kedai di kuningan jawa barat
Image via: travel.kompas.com

Menurut KBBI daring, favorit adalah kesayangan atau kegemaran. Istilah ini tentu begitu subjektif. Favoritnya si A belum tentu sama dengan favoritnya si B, and vice versa.

Begitu juga dengan tempat makan. Ada yang suka kedai X, ada juga yang memilih kedai Y. Meski demikian, biasanya kita bisa “menebak” mana tempat makan atau restoran yang difavoritkan.

Ciri-cirinya bisa berupa banyaknya konsumen/pengunjung, reputasinya bagus, lokasinya nyaman, makanannya lezat, harganya terjangkau, namanya terkenal, spotnya instagrammable, dll.

Bicara tentang tempat buka puasa di Kuningan Jawa Barat, pilihannya tentu sangat banyak. Kamu bisa menyesuaikan selera pribadi. Mungkin ada yang lebih senang dengan warung-warung pinja alias pinggir jalan, model angkringan, gerobak, kedai, kafe, warteg, restoran, beranda masjid, dsb.

Mungkin ada yang menginginkan menu makanan berat, mie, camilan dan kopi, atau apa gitu.

Namun di kota kuda ini, ada beberapa spot yang memang suka ramai kala magrib tiba. Contohnya di sekitar Jalan Dewi Sartika, yang di setiap sisinya terdapat banyak pilihan tempat makan dengan menu-menu khasnya. Bahkan kalau datang menjelang buka puasa, kamu mungkin mesti menelan kekecewaan karena tempatnya sudah penuh.

kedai hilwah, kedai hilwah kuningan, buka puasa di kedai hilwah kuningan jabar, bukber di kedai hilwah kuningan, menu kedai hilwah kuningan
Dokumentasi pribadi (Inoy)

Berikut ini Daftar Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Kuningan Jawa Barat:

Area Taman Kota Kuningan

taman kota kuningan, taman kota kuningan malam hari, taman kota kuningan jabar, taman kota kuningan terbaru, tamkot kuningan
Image via: news.detik.com

Area tamkot Kuningan tidak kalah penuh, apalagi di menit-menit jelang berbuka puasa. Para pedagang dan pembeli sudah mulai sibuk. Suasananya juga asyik. Apalagi kalau kamu sudah bisa nge-booking tempat, baik itu di meja atau lesehan.

Ada aneka jajanan, warung pinggir jalan, atau kafe di ruko-ruko sekitar. Auranya semakin syahdu karena kawasan ini berseberangan dengan Masjid Syiarul Islam, lebih lagi jika cuacanya sedang bagus.

Baca Juga :  Dirundung Bingung

Kedai Artha

kedai artha, kedai artha kuningan, gambar kedai artha, foto kedai artha, kedai artha kuningan jawa barat
Via Instagram @kedai_artha

Kedai atau kafe ini berada di sekitar perempatan Kabumen Sawah Waru, tepatnya di Jalan Dewi Sartika No. 30. Di hari-hari biasa saja, kedai ini selalu mengundang banyak pengunjung. Selain lokasinya strategis, Kedai Artha terkenal karena menunya bervariasi dan kerap update. Harganya juga tidak begitu mencekik.

Sekitar satu jam menjelang magrib, saya dan teman-teman mengunjungi kedai ini dan berharap mendapat meja di lantai dua. Ternyata semua spot sudah direservasi konsumen lain. Kami pun mesti legowo di tempat yang tersisa. Meski demikian, suasananya tetap seru. Selain ramai, kami juga bisa menikmati pemandangan ala Kota Kuningan yang asri menentramkan.

Seafood Ali Action

seafood ali action, seafood ali action kuningan, seafood ali action kuningan jawa barat, alamat seafood ali action kuningan, buka puasa di seafood ali action, seafood ali action kuningan, seafood ali action kuningan jawa barat, alamat seafood ali action kuningan
Image via Instagram @aliactionseafood

Restoran ini menjadi salah-satu tempat bukber yang ramai. Kamu mesti booking jauh-jauh hari agar acara buka barengnya terlaksana sesuai rencana. Lokasinya sendiri ada di Ruko Taman Kota Kuningan.

Kedai Hilwah

choco cheese, minuman di kedai hilwah kuningan, kedai hilwah, menu kedai hilwah kuningan jabar
Dokumentasi pribadi

Sama seperti Kedai Artha, kedai yang satu ini juga memiliki reputasi sebagai tempat makan yang menyajikan aneka menu dengan harga terjangkau dan porsi yang cukup banyak. Letak kedua kedai ini juga berdekatan, sama-sama ada di Jalan Dewi Sartika. Namun tempatnya memang ‘kalah luas’.

Orang-orang tampaknya nyaman di sini karena jarang ada yang merokok. Mungkin konsumen perokok sudah sadar sendiri kalau tempatnya tidak begitu luas untuk menampung asapnya. Sehingga takut membuat pelanggan lain risih.

Kedai Ramen Saga

Salah-satu primadona ramen ini terletak di Jalan Raya Manislor no 57, Kuningan. Warga Kuningan sekaligus pencinta mie ramen pasti sudah familier dengan tempat ini. Menunya memang beragam dan enak-enak. Selain itu, harga yang dipatok juga terbilang terjangkau. Khusus di Bulan Ramadan, mereka mulai buka pada pukul 4 sore sampai 9 malam. Namun mereka tidak melayani makan di tempat sebelum azan magrib berkumandang.

Baca Juga :  Cabut Gigimu Sebelum Tercabut Kebahagiaanmu

Hucap Mi Iroh

Di daerah lain ada makanan bernama Kupat Tahu atau semacam ketoprak. Namun di Kuningan, namanya Hucap alias tahu kecap. Rasa dan penyajiannya sedikit berbeda dan begitu khas. Salah-satu tempat hucap populer di Kuningan yaitu Hucap Mi Iroh. Letaknya ada di sekitar Jalan Dewi Sartika. Buka puasa di sini dijamin kenyang!

Dapur Bebek ‘ASAP’

Pencinta kuliner berbahan dasar bebek bisa buka puasa di Jalan Siliwangi No 5 saja. Menunya sudah dikenal lezat. Di sana juga terdapat area khusus mainan anak. Sehingga tempat ini “ramah keluarga”. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai opsi tempat berbuka bersama teman atau komunitas.

Foodcourt Yogya Cijoho

Jika sedang belanja atau kebetulan berada di sekitar Jalan RE Martadinata, kamu bisa menepi di foodcourt Yogya Cijoho. Mungkin kamu akan dilanda kebingungan beberapa saat, sebab mesti memilih hendak mengonsumsi apa. Tetapi begitu mendapat lokasi yang nyaman, cobaan lainnya mungkin kamu akan betah berlama-lama di sana.

Frizee Bravo Cafe & Resto

Tempat ini terkenal di kalangan penikmat shisha, sehingga kebanyakan pendatangnya merupakan kawula muda. Bisa dibilang, tempat ini merupakan spot yang cocok untuk berlama-lama nongkrong sama teman. Makanan dan minumannya pun bisa bersaing dengan kafe-kafe lain. Letaknya di Jalan Dewi Sartika No. 17.

es buah, es buah salju, es buah salju kedai hilwah, menu minuman, minuman di kedai
Dokumentasi pribadi (Inoy)

Daftar lainnya:

  • Bakso Mang iding, di depan apotek Siliwangi.
  • Bakso Solo Mustika, di Jalan Siliwangi, Purwawinangun, Kuningan.
  • Bakso Idola, di Jalan Siliwangi, Kuningan No.6-7.
  • Coffe Story, di Jalan RE Martadinata, Ciporang.
  • Kebab Turki (Baba Rafi), foodcourt di Jalan raya Ciloa (depan pom bensin)
  • Kedai Kopi @dua4kopi, di Jalan R.E. Martadinata No.24, Ancaran
  • Kedai Raja Sambal (KeRaSa), Jl. Re Martadinata Perum Ciporang
  • Kedai Salsa – Mang Petoy, food truck di Jalan Siliwangi
  • Kedai Tahu Kopeci, di Jalan Veteran No. 157
  • Mayang Cafe & Catering, di Jalan RE. Martadinata Ciporang
  • Otaku Coffee, di Jalan RE Martadinata No. 5 Ruko 6-7 (berseberangan dengan Perumahan Ciporang)
  • Qinthara Coffee And Roastery, di Jalan RE Martadinata No.28, Ciporang.
  • Rujak Kangkung Ciporang, food truck di Ciporang
  • Rumah Makan Cipondok, di Jalan Windujanten No. 75.
  • Rumah Makan Kita, di Jalan Jendral Soedirman
  • Rumah Makan Lembah Ciremai, di Jalan Raya Kuningan-Cirebon Km. 4 Cibentang
  • Rumah Makan Sate Beber Jaya, di Jalan RE Martadinata No.22 Kertawangunan Sindang Agung
  • Rumah Makan Saung Injuk Kuningan, yang menjadi langganan pencinta bola, di Jalan Syech Maulana Akbar
  • Sirjio Barber & Coffe, ngopi+ngemil+bercukur, di Jalan Siliwangi No. 189
  • Warung Bang Jack, di Jalan Raya Cirebon-Kuningan Km. 20.4 Caracas, Cilimus.
Baca Juga :  Ada yang Menebak "Teman Dekat"
pizza goreng dan saos, kentang goreng dan saos, gambar kentang goreng kedai, pizza goreng kedai, camilan, camilan bukber, camilan buka puasa
Dokumentasi pribadi

Saya yakin masih banyak pilihan tempat berbuka puasa di sekitaran Kuningan, Jawa Barat. Entahlah jika dibikin daftar, akan sepanjang apa. Lebih lagi, industri kuliner sedang menjadi tren tersendiri di tengah masyarakat.

Sebaiknya kamu gali lagi informasi terkait waktu buka dan tutupnya. Sebab ada beberapa tempat yang memilih tutup dulu, lalu beroperasi lagi pada waktu-waktu tertentu.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat, ya. Selamat melanjutkan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Daftar Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Kuningan Jawa Barat. #RD

SHARE

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.