Drop Out dari Kampus, Mereka Malah Jadi Orang Kaya-Raya di Dunia

Drop Out dari Kampus, Mereka Malah Jadi Orang Kaya-Raya di Dunia

Mark Zuckerberg
thequestionconcerningtechnology.blogspot.com

Apa ijazah sarjana itu menjamin kesuksesan duniawi seseorang? ^_^

Sepertinya kita sudah sepakat, ya. Ijazah sarjana (saja) bukan faktor satu-satunya dalam meraih kesuksesan duniawi. Orang dengan naluri bisnis yang kuat, meskipun tanpa gelar S1-S2-S3, bisa saja malah memiliki penghasilan lebih besar dari anak kuliahan.

Bagaimanapun, kuliah bukan saja tentang mendapatkan pekerjaan. Banyak orang yang kuliah karena mereka ingin belajar, ingin mendapatkan pengalaman lebih atau karena mereka memang tertarik di bidang akademik. Mereka kuliah, tapi pekerjaannya malah enggak nyambung dengan jurusannya di kampus.

Banyak cara untuk menghidupi kehidupan. Bukan sekadar kuliah, melamar ke sana-sini, diterima dan bekerja dengan level gaji yang (mungkin) naik secara perlahan. Tidak semua orang ‘nyaman’ dengan langkah-langkah itu. Bagaimanapun kita punya motivasi, ambisi, idealisme dan kreativitas masing-masing.

Seperti ke-10 orang yang dilaporkan TheRischest berikut ini. Mereka sempat mencoba kuliah, tapi kemudian drop out dan… bukannya sengsara, malah jadi orang kaya-raya. Siapa saja dan bagaimana ceritanya? Daku urutkan dari yang memiliki kekayaan terendah, ya. Jom!

10. Lady Gaga

Lady Gaga drop out dari kampus
thegloss.com

Penyanyi yang sensasional ini begitu beruntung, sebab dia bisa diterima di NYU’s Tisch School of the Arts. Namun ketika ia sudah menginjak tingkat 2, Gaga malah drop out. Ia memilih fokus di bidang musik, ketimbang mata kuliah. Sampai-sampai Gaga dan ayahnya membuat kesepakatan; “kalau kamu enggak sukses di musik, pokoknya balik ke kampus! kuliah lagi!”. Sayang, pada waktu itu Gaga enggak langsung sukses.  Tapi apa dia kembali kuliah? Untungnya tidak. Gaga malah pindah ke Los Angeles dan mendapat kontrak rekaman, tepatnya yang “The Fame”. Dari sana, karier musiknya menanjak sampai sekarang. Harta kekayaannya diperkirakan mencapai 220 juta dollar atau sekitar 2, 86 Trilyun rupiah. Hmm… bisa dibayangkan kalau Gaga mematuhi kesepakatan antara dia dan ayahnya? Jadi mahasiswi, gitu? 🙂

9. Ellen DeGeneres

ellen-degeneres drop out dari kampus
fashiontimes.com

Ellen ini pernah kuliah di kampus yang ada di tempat kelahirannya, University of New Orleans. Dia mengambil ilmu komunikasi. Namun ia hanya bertahan satu semester. Bukan karena pindah jurusan atau kampus, melainkan memilih menekuni serentetan pekerjaan saja. Dia sudah kepalang nyemplung, jadi enggak kembali ke dunia perkuliahan deh. Ellen pun sukses jadi host talk show, aktris sekaligus komedian. Bahkan ia memenangkan Emmy Award untuk kategori komedian terbaik. Sekarang Ellen sendiri dilaporkan memiliki kekayaan sebanyak 285 juta dollar, atau setara dengan 3,7 Trilyun rupiah.

Baca Juga :  12 Artis Dunia ini Bersikukuh Tidak Melakukan Operasi Plastik

8. Russell Simmons

Russel SImmons, legenda hip hop, entrepreneur, drop out dari kampus
creditcards.com

Russel Simmons, sang legenda komunitas hip-hop, pernah gabung di City College of New York – Harlem. Namun durasinya hanya sebentar. Simmons drop out karena lebih tertarik mengejar mimpinya di dunia bisnis. Jadi ingat film Thailand yang direkomendasikan sahabatku, Eva, yang Si Top itu. Hehehe… Well, Simmons pun join sama Rick Rubin. Pada tahun 1983, mereka bekerja-sama mendirikan label musik Deg Jam. Belum cukup dengan label musik, Simmons juga mendirikan usaha fashion bernama Phat Farm, tempat yang amat populer di kalangan komunitas hip-hop. Tak heran kekayaannya mencapai 325 juta dollar alias 4,2 Trilyun rupiah.

7. Tom Hanks

Tom Hanks, aktor, sutradara, penulis, drop out dari kampus
popsugar.com

Siapa Tom Hanks sekarang sama jurusan yang dulu sempat ia tekuni memang nyambung, ya. Dulu ia pernah belajar teater di California State University. Namun ia memutuskan untuk drop out dan memilih pergi ke festival Great Lakes Theatre di daerah Cleveland. Di sana ia menghabiskan waktu 3 tahun untuk belajar. Ia mulai memahami segala hal tentang theatre production.Keputusan itu tentunya sangat tepat, mengingat ia kini jadi aktor pemenang award, penulis sekaligus sutradara yang sukses. Film-filmnya seperti Forest Gump, Saving Private Ryan sama The Da Vinci Code juga tak kalah sukses. Pundi-pundi Hanks pun mencapai 350 juta dollar atau sekitar 4,55 Trilyun rupiah.

6. Tiger Woods

Tiger woods, pemain golf, drop out dari kampus
usatoday.com

Pecinta golf pastinya familiar dengan nama ini. Ya, Woods jadi pemain golf nomor wahid di dunia. Ia juga jadi atlet dengan bayaran terbesar, mengalahkan para pemain bola kelas dunia. Sebelumnya, Woods pernah join di Stanford karena memenangkan beasiswa golf. Namun ia hanya bertahan 2 tahun. Woods memilih drop out. Kasarnya, toh tanpa kuliah pun dia sudah unjuk gigi. Bahkan ia sampai memenangkan 14 turnamen akbar. Tak aneh kalau kekayaannya sampai 600 juta dollar atau sekitar 7,8 Trilyun rupiah.

5. James Cameron

James Cameron drop out dari kampus
weinerelementary.org

Yang ini sangat menarik dan inspiratif, nih. Well, kita tentunya akrab dengan film Titanis sama Avatar, kan? Iya… terus? Nah, James Cameron lah yang jadi sosok ‘di belakang layar’-nya. Dia jadi sutradara yang membuat dua film ini jadi super-duper sukses. Namun siapa sangka, Cameron pernah daftar di community college, dan belajar  ilmu Bahasa Inggris sama Fisika. Namun setelah satu tahun, ia memutuskan drop out. Pasca keluar, Cameron tidak langsung terjun ke dunia entertainment. Ia jadi supir truck, menghabiskan waktu dengan nulis dan belajar. Cameron pun terinspirasi sama film Star Wars yang rilis tahun 1977-an. Dia sadar kalau ia pun bisa mengkombinasikan seni sama ilmu pengetahuan sekaligus. Dari sanalah Cameron pun memasuki dunia baru, yakni industri perfilman. Hebat. Hanya dengan setahun belajar di kampus, ia menjelma jadi sutradara yang memenangkan award, berkontribusi untuk mengeksplorasi dalamnya lautan serta ikut mengembangkan teknologi canggih seputar perfilman, yakni film bawah air. Dan soal kekayaan, ia sudah meraup sebanyak 700 juta dollar atau setara dengan 9,1 Trilyun rupiah.

Baca Juga :  11 Orang Sukses dan Kebiasaan Weekend atau Akhir Pekannya

4. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey drop out dari kampus
laineygossip.com

Cerita yang ini juga agak lain. Oprah Winfrey yang kesohor ini ternyata sempat hidup dalam kemiskinan di daerah pedesaan Mississipi. Namun ketika berusia 19 tahun, nasib memberikan kabar baik. Oprah mendapatkan pekerjaan di stasiun radio. Ia juga mendapatkan beasiswa penuh di Tennessee State University a.k.a TSU. Tapi karena waktu itu Oprah sudah mulai sukses di bidang broadcasting, iapun memutuskan untuk drop out saja. Maklum, waktu itu Oprah sudah sibuk membuka perusahaan produksinya sendiri. Ketika berusia 32 tahun, ia sudah jadi jutawan (versi dollar, ya). Pada tahun 1987, pihak TSU bahkan sempat memintanya untuk memberi pidato pembukaan. Karena itu Oprah memutuskan untuk menyelesaikan apa yang ia tinggalkan, yakni kuliah. Kini Oprah jadi orang Afrika-Amerika terkaya di abad ke-20. Ia juga jadi satu-satunya orang berkulit hitam Amerika Utara yang jadi milyarder (versi dollar juga, ya). Adapun jumlah pasti soal kekayaannya, yaitu 3 milyar dollar atau… 39 Trilyun rupiah. Woah!

3. Steve Jobs

Steve Jobs drop out dari kampus
thegrindstone.com

(Alm) Steve Jobs ini sempat kuliah di Reed College, tepatnya di Portland. Setelah satu semester, dia drop out. Jobs memilih mengejar apa yang ia minati. Sementara temannya, Steve Wozniak, membangun perusahaan komputer Apple. Jobs gabung dengan temannya itu pada tahun 1985 dan kerja sama, baik itu dalam mengembangkan perusahaan juga dalam bersaing dengan Microsoft. Hehehe… Jobs sempat kerja di Pixar juga, tapi ia kembali ke pangkuan Apple, jadi CEO pada tahun 1996. Bisa kita lihat sekarang, betapa usahanya begitu sukses. Dia bahkan sampai memiliki kekayaan sebanyak 10, 2 Milyar dollar atau kurang lebih sebanyak 132,6 Trilyun. Namun se-kaya apapun Jobs, ia tidak bisa merayu atau menyuap penyakit kanker untuk berhenti menggerogotinya. Ia tutup usia pada tahun 2011.

Baca Juga :  10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

2. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dan facebook, drop out dari kampus
wtvr.com

Salah-satu pendiri fesbuk, Mark Zuckerberg, memang sudah merilis site-nya ketika ia join di Harvard. Tepatnya waktu ia mengambil Psikologi dan Ilmu Komputer. Sama seperti Lady Gaga, Mark juga drop out pas jadi mahasiswa tingkat dua. Ia memilih fokus di fesbuk sekaligus fokus juga sama kasus ‘pencurian ide’ yang sempat dialamatkan padanya. Atas kegigihan dan kreativitasnya, fesbuk meledak. Ia bahkan sudah jadi milyarder (versi dollar) ketika usianya masih 23 tahun. Duh, daku umur segitu masih jadi peminta-minta orang tua! -_-. Dan sekarang… kekayaan pria ini mencapai 34,8 milyar dollar atau setara dengan 448,5 Triyun rupiah. OMG!

1. Bill Gates

Bill Gates launches Microsoft Windows Vista operating system
646.photoshelter.com

Ini dia, salah-satu sosok pebisnis paling beken di jagat industri teknologi dunia. Mungkin di akhirat juga dia sudah jadi bahan bisikan, itu hartanya dipakai apa saja. Hohoho. Nah, pendiri Microsoft ini memang jadi juara pertama untuk kategori ‘orang paling kaya sedunia’, versi Forbes. Namun ternyata dia juga masuk kalangan mahasiswa drop out. Jadi Gates ini sempat gabung di Harvard. Begitu memasuki tingkat dua, dia DO dan memilih konsentrasi sama perusahaan software komputernya. Dia memang sangat pintar dan ambisius. Usaha itu ia rintis bersama sang teman, Paul Allen, sampai kemudian sekarang jadi Microsoft. Soal total hartanya… dia punya 79,3 milyar dollar. Kalau kita konversikan ke bentuk rupiah pakai kalkulator, dijamin bakal terjadi error atau dikasih peringatan. Digitnya memang makan tempat sih. Hmm… 1030 Trilyun rupiah, gitu. Oh, God! X_X Lumayan tuh buat nyicil utang negara Indonesia. @_@

~

Wah,wah, wah… mereka memberi pencerahan pada kita, yang tidak memiliki level pendidikan tinggi, agar terus berusaha dan mengejar mimpi seserius mungkin. Mereka juga sekaligus memberi gambaran, bahwa untuk mencapai puncak, kita mesti bersedia menempuh perjalanan menanjak yang melelahkan. Kalaupun sudah sampai di puncak, kita dituntut untuk mengingat dua hal. Pertama, ingat-ingat posisi ketika di bawah. Kedua, ingat-ingat masih ada kuasa Dia di atas kita.

Well.. posisi di atas, bukan berarti ujian lenyap. Cobaan justeru makin rumit, banyak dan berat. So, mesti tetap berlindung pada-Nya, ya. Heuheu…

Eh iya! jangan salah paham, ya. Postingan ini bukan bermaksud untuk memprovokasi para mantan anak kuliahan untuk menyesal, para mahasiswa-mahasiswi aktif untuk keluar atau para lulusan sekolah menengah untuk pasrah. Bukan, ya! Hohoho… [#RD]

You May Also Like

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.