Inilah 5 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin

0
SHARE
 ac tidak dingin, ac tidak dingin kenapa, ac tidak dingin lagi, ac tidak dingin kompresor mati, ac tidak dingin kenapa ya
Image via: keywordbasket.com

AC Polytron terbaru merupakan salah satu merk AC yang banyak tersedia di pasaran. Perangkat elektronik ini memiliki fungsi sebagai penyejuk ruangan sehingga Anda akan tetap merasa nyaman walaupun harus beraktivitas di dalam ruangan dalam waktu yang lama.

Semakin lama digunakan, kemungkinan juga AC akan mengalami berbagai masalah. Kerusakan-kerusakan pada komponen AC bisa saja terjadi terutama jika AC jarang dirawat. Yang sering dirawat saja masih berpotensi untuk rusak, apalagi yang jarang dirawat.

Salah satu kerusakan yang cukup sering terjadi pada AC adalah AC tidak terasa dingin. Padahal AC bertugas sebagai penyejuk ruangan. Jika AC tidak dingin, berarti ada yang salah dengan perangkat yang Anda miliki.

Penyebab AC Tidak Dingin

AC yang tidak dingin tidak hanya terjadi pada AC yang sudah dipakai bertahun-tahun. AC Polytron terbaru yang Anda miliki kemungkinan juga mengalami hal yang sama. Ada beberapa penyebab mengapa AC Anda tidak terasa dingin. Berikut ulasannya.

1 Filter udara dan coil AC kotor

Penyebab yang pertama adalah bisa jadi filter udara dan coil AC Anda kotor. AC yang sudah dipakai bertahun-tahun dan jarang dibersihkan sejak pertama kali pemakaian kemungkinan besar mengalami ini. Filter udara yang kotor akan menyumbat aliran udara. Sedangkan Coil AC yang kotor menyebabkan AC tidak dapat menjaga suhu yang diinginkan. Akibatnya sama, yaitu AC yang tidak dingin.

Cara mengatasinya mudah saja. Anda hanya perlu membersihkan kedua bagian tersebut. Jika benar hanya karena komponennya yang kotor, AC Anda akan kembali bekerja secara optimal.

2Salah memilih AC

Penyebab yang kedua adalah Anda salah memilih AC. Kadang kita mudah tergiur dengan berbagai diskon, iming-iming harga murah, atau godaan besar ketika belanja di Harbolnas.

Baca Juga :  Penyebab Utama Kegemukan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda baru saja membeli AC tapi AC-nya tidak terasa dingin, kemungkinan inilah penyebabnya. Salah satu hal yang kurang diperhatikan ketika membeli AC adalah PK AC. Semakin luas ruangan, semakin besar PK AC yang seharusnya dipilih.

Jika Anda memilih PK AC yang lebih kecil padahal digunakan untuk ruangan yang cukup luas hanya karena harganya yang lebih murah, yang terjadi adalah AC tidak bisa mendinginkan ruangan. Walaupun AC Anda baru, AC tidak akan terasa dingin karena PK yang tidak sesuai.

Cara mengatasinya adalah dengan memilih AC yang PK-nya sesuai dengan luas ruangan yang akan digunakan sehingga AC bisa bekerja secara optimal untuk mendinginkan ruangan. AC Polytron terbaru yang Anda beli tidak akan berakhir sia-sia hanya karena PK-nya tidak sesuai.

3Tegangan listrik yang tidak stabil

AC membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi. Jika tegangan listrik di rumah Anda tidak stabil, akan sangat mempengaruhi kinerja AC menjadi tidak stabil. Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Karena apabila tegangan listrik sudah berangsur stabil, AC akan bisa bekerja secara optimal

4AC kekurangan Freon

Kapan terakhir kali Anda mengisi ulang freon?

Jika sudah lama bahkan sampai Anda tidak mampu lagi untuk mengingatnya, kemungkinan besar penyebab AC Anda tidak dingin adalah karena kekurangan Freon. Solusinya mudah, Anda hanya perlu mengisi ulang Freon AC Anda. Setelah itu, AC Anda akan kembali bisa menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu mendinginkan ruangan.

5Kompresor rusak

Jika sudah mengecek empat hal sebelumnya, coba cek bagian kompresor. Salah satu penyebab AC tidak terasa dingin adalah karena kompresornya rusak. Padahal Kompresor AC digunakan untuk mengatur aliran Freon.

Baca Juga :  Puisi; Pertanyaan tentang Cinta

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan service pada kompresor. Jika kerusakan sudah fatal dan tidak bisa diperbaiki, berarti mengganti kompresor AC adalah satu-satunya jalan.

Nah, itulah lima penyebab mengapa AC di rumah Anda tidak terasa dingin. Melakukan service dan pembersihan secara berkala adalah kunci untuk menghindari kerusakan-kerusakan pada AC yang mungkin terjadi.

Jika sudah dilakukan berbagai cara tapi AC Anda tetap tidak dingin, mungkin Anda perlu ganti AC. Anda bisa membeli AC Polytron terbaru di Bukalapak. Daripada bersusah payah pergi ke toko elektronik, lebih baik lakukan pembelian AC secara online melalui Bukalapak. Transaksinya mudah, aman, dan punya banyak pilihan. Inilah 5 Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.