Home » Your Files » Inilah Jenis Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Inilah Jenis Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Image via: IndiaFilings

Menjadi petani bukan satu-satunya pekerjaan yang bisa Anda lakukan jika hidup di desa. Anda bisa mencoba menjalankan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang bisa dipilih sesuai dengan karakter dan passion. Karena menjalani pekerjaan yang sesuai dengan hobi tentu saja akan lebih menyenangkan.

Tentu saja usaha tersebut tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pedesaan supaya bisa mendatangkan keuntungan. Akan lebih bagus lagi kalau Anda bisa melihat peluang dan potensi yang terdapat di desa tersebut. 

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Masyarakat pedesaan pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama dengan orang kota hanya saja infrastruktur maupun fasilitasnya masih terbatas. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menjalankan sebuah usaha. Anda mungkin dapat mempertimbangkan pilihan-pilihan usaha di pedesaan berikut ini:

  1. Persewaan Alat Pertanian

Saat ini sektor pertanian makin digenjot supaya mampu memberikan hasil panen yang berkualitas. Modernisasi pertanian pastinya membutuhkan peralatan pendukung dalam operasionalnya. Nah, Anda bisa melirik usaha sewa peralatan pertanian bagi masyarakat desa.  Adapun contoh perhitungan modal dan potensi keuntungannya bisa dilihat di bawah ini:

Harga Peralatan 

  • Mesin penggiling padi     Rp 1.800.000
  • Mesin penyemprot hama    Rp    700.000
  • Alat tanam benih modern    Rp    380.000
  • Hand traktor             Rp14.500.000+
  • Total                 Rp17.380.00

Harga Sewa

  • Mesin penggiling padi/hari        Rp   300.000
  • Mesin penyemprot hama/ hari    Rp   100.000
  • Alat tanam benih/hari             Rp 150.000
  • Hand tractor/hari            Rp  450.000

Besarnya modal total disesuaikan dengan jumlah dan jenis alat pertanian modern yang Anda beli. Usaha persewaan alat pertanian jelas memiliki prospek yang bagus dan minim kerugian karena hampir semua orang di desa adalah petani. Dengan bantuan alat pertanian modern maka proses tanam bisa makin cepat dan hasil panen lebih bagus.

  1. Usaha Waralaba

Image via : hospitalityinsights.ehl.edu

Pilihan usaha lainnya adalah pengusaha waralaba atau franchise seperti makanan, minuman, maupun jajanan kekinian dan sejenisnya. Usaha ini sangat potensial apalagi kalau franchise yang Anda pilih masih sangat kekinian dan baru. Perhitungan waralaba juga lebih mudah, karena Anda tinggal menyediakan dana sebesar yang diminta oleh pemilik merek tersebut. 

Biasanya harga yang dipatok sudah menyeluruh termasuk pelatihan dan cara mengelola usaha tersebut. Anda juga tidak perlu repot menyediakan produk yang akan dijual karena pemilik merek sudah menyiapkannya ketika Anda membeli waralaba. Anda tinggal menghitung harga jualnya saja kepada konsumen supaya bisa mendapatkan keuntungan. Contohnya sebagai berikut ini:

Modal Awal Usaha Waralaba Minuman Kekinian

  • Modal beli waralaba/ merek          Rp 5 – 20.000.000
  • Sewa tempat/tahun            Rp   5.000.000
  • Harga beli minuman/porsi         Rp         10.000   

Harga Jual 

  • Minuman original/porsi         Rp        15.000
  • Minuman dengan variasi rasa     Rp        17.500
  • Gelas/buah                 Rp          1.000

Jika melihat dari contoh di atas Anda hanya perlu keluar modal satu kali saja untuk membeli waralaba/merek. Besarannya sangat tergantung pada franchise yang Anda pilih, tapi memang umumnya berkisar antara 5-10 juta untuk waralaba makanan, minuman, atau makanan kecil. Sedangkan biaya sewa tempat bisa dihilangkan kalau Anda sudah mempunyai tempat sendiri.

Dengan melihat contoh usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan mungkin Anda bisa lebih mudah menemukan ide-ide jualan lainnya. Hitung semua modal yang Anda butuhkan dan dapatkan dengan cara mudah melalui KTA online Bank Danamon. Dapatkan limit pinjaman hingga Rp 200.000.000 dengan jangka waktu pinjaman yang beragam. #J

error: