Kabar Gembira Bagi yang Ingin Sikat Gigi Saat Puasa

0
SHARE
sikat gigi saat puasa, sikat gigi saat puasa nahdlatul ulama, sikat gigi saat puasa makruh atau tidak, sikat gigi saat puasa batal atau tidak, sikat gigi saat puasa di siang hari
Image via: videohive.net

Sikat gigi saat puasa itu batal atau tidak?

Sikat gigi saat puasa itu makruh atau tidak?

Sikat gigi saat puasa itu sunnah apa bukan?

Demikian aneka kegalauan yang kerap dihadapi orang awam yang berpuasa – termasuk saya. Bagaimana pun, selalu ada pendapat yang berbeda-beda terhadap satu persoalan. Namun hal ini wajar, tidak perlu dipertentangkan. Apalagi dijadikan sumbu untuk mengompori perpecahan dan permusuhan.

Well, hidup sudah terlalu banyak drama. Tidak perlu ditambah-tambahilah, ya. Hehehe

Hanya saja, untuk masalah hukum seperti ini, saya lebih memilih bertanya kepada Pak Ustaz atau Pak Kyai di kampung. Kalau tidak, saya bisa mengunjungi situs Nahdlatul Ulama, yakni Nu.or.id.

Pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut saat puasa

Kebersihan gigi dan mulut malah menjadi bagian dari keimanan. Sehingga muslim yang sedang berpuasa jangan sampai anti terhadap sikap gigi dan mouthwash selama bulan puasa. Malah aktivitas ini membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel. Bagaimana pun, sisa-sisa tersebut berpotensi membatalkan puasa.

Kalau berkumur ketika wudhu, bagaimana?

Ada toleransi ketika orang puasa mengerjakan sunnah yang bisa memiliki “efek samping” puasa. Contohnya ketika wudhu, di mana berkumur 3 kali menjadi sunah. Maka orang puasa tetap bisa berkumur, asal jangan berlebihan. Lebih afdal lagi kalau memohon ampun, barangkali ada banyak air yang tertelan.

Kalau ingin sikap gigi pakai pasta gigi saat puasa, bagaimana?

Sepanjang membaca keterangan situs NU Online, tidak ada redaksi yang mengharamkan sikat gigi pakai pasta gigi saat puasa.

Tapi memang perlu kehati-hatian ekstra tinggi ketika ingin menggosok gigi pakai pasta gigi saat puasa. Bila pasta gigi dan airnya tertelan, walau sedikit, puasanya “auto-batal”. Apalagi kalau tenggorokan ikut merasakan sensasi manis dan segarnya.

Baca Juga :  Apakah Ada Aplikasi Spesial Selama Ramadan? Apa termasuk VPN?

Maka, sebaiknya memanfaatkan waktu aman saja, yakni sebelum imsak.

Bagaimana kalau bersiwak siang hari saat puasa?

siwak, siwak saat puasa, hukum siwak di siang hari saat puasa
Image via: dream.co.id

Ada keterangan dari dalam Nihayatuz Zain (Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani) bahwa, ‘Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur’.

Sebenarnya hukum ini diterapkan untuk kebaikan orang yang berpuasa sendiri. Sebab gosok gigi atau siwak di siang hari “bertentangan” dengan keutamaan lain.

Keutamaan lain yang dimaksud yaitu; orang berpuasa lebih baik mendiamkan mulut, gigi dan aromanya. Mau bau atau tidak sedap tidak apa-apa, sebab aroma itulah yang lebih disukai Dia di hari kiamat. Malah wanginya bisa menandingi wangi minyak misik.

Hal ini tentu menjadi “kabar gembira” bagi orang-orang berpuasa yang pengin banget gosok gigi. Tidak perlu “merasa bersalah” karena tidak gosok gigi dari terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari. Keadaan ini kadang memang bikin frustrasi dan tidak nyaman, tetapi balasannya juga tidak sembarangan.

Intinya…

Waktu untuk bersiwak, menggosok gigi pakai pasta gigi, flossing dan menggunakan obat kumur di waktu puasa memang berbeda. Waktu yang dianjurkan yaitu setelah berbuka sampai tiba imsak.

Kalau pun siang-siang INGIN BANGET membersihkan gigi, bisa dengan cara gosok gigi tanpa pasta gigi atau menggunakan kayu siwak. Lalu berkumur dan bersihkan dengan tuntas. Tetapi pastikan tidak ada air atau apapun yang masuk ke tenggorokan.

Islam sudah mengatur segala sesuatu sesempurna mungkin. Tidak merepotkan, bahkan memudahkan. Kadang-kadang kita sendiri sebenarnya yang suka bikin repot. Kabar Gembira Bagi yang Ingin Sikat Gigi Saat Puasa. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.