Kalau Mata Sudah Kering, Baru Terasa Pentingnya Air Mata

2
SHARE
mata kering, mata kering dan gatal, mata kering obatnya, mata kering saat bangun tidur, mata kering pakai softlens
Image via: aao.org

Benar kata orang-orang, kalau segala sesuatu tercipta dengan alasan tertentu. Termasuk kamu, yang mungkin sekarang sedang rebahan.

Termasuk juga air mata, yang belakangan malah saya rindukan. Soalnya ada yang janggal, gitu. Mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih, mata lelah.

Mungkin karena saya menghabiskan banyak waktu di depan PC atau komputer, ya. Sehingga konsentrasi visual jadi terkuras. Mata SEPET, PEGEL, PERIH pun terasa. Jadi ada kemungkinan saya mengalami sindrom mata kering.

Kalau dilihat via HelloSehat, sih, gejala-gelaja mata kering yaitu sebagai berikut:

  • Mata perih
  • Mata sepet, rasanya kesat dan seperti ada pasir di dalam mata
  • Mata pegal, lelah, dan berair
  • Mata gatal, panas, dan menyengat
  • Ada lendir di sekitar mata atau di dalamnya
  • Kemerahan

Sedangkan beberapa penyebab terjadinya mata kering, yaitu:

Aktivitas dan lingkungan

Aktivitas seperti menghadapi layar komputer, membaca, menulis, main game, iritasi karena beraktivitas outdoor, dll, biasanya membuat mata terus terjaga – jarang berkedip. Lingkungan juga berpengaruh memperparah keadaan. Misalnya ada debu, angin, asap, suhu yang kering, dll.

Hormon

Perubahan hormon lebih sering menimpa kaum hawa. Entah karena penggunaan pil KB, kehamilan, dan menopause.

Obat

Rupanya obat-obatan tertentu juga memberikan efek samping berupa mata kering. Misalnya obat hipertensi, antidepresan, diuretik, dll.

Penuaan

Ternyata orang-orang lanjut usia juga rentan mengalami mata kering. Sebab semakin renta, produksi air mata mereka semakin turun.

Kondisi medis

Beberapa penyakit bisa memengaruhi kemampuan kelenjar mata ketika menghasilkan air mata, Misalnya sakit diabetes, lupus, alergi, gangguan tiroid, dll.

Kosmetik

Para pengguna lensa kontak cenderung mengeluhkan gejala mata kering. Rupanya penggunaan lensa kontak memang bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Baca Juga :  Puisi Spesial HUT-Kuningan ke-519 Dirgahayu: Kuningan Asri

Struktur kelopak mata

Ada kondisi tertentu yang membuat lapisan air mata jadi cepat menguap, apalagi setelah adanya kontak dengan udara dalam waktu cukup lama.

 mata kering, air mata palsu, mata kering dan gatal, mata kering obatnya, mata kering pakai komputer, mata kering pakai softlens
Image via: statyourself.com

Air mata palsu/pura-pura berairmata

Apa pun penyebab mata kering, percayalah, rasanya enggak nyaman banget. Bahkan kadang menipu, sebab sesekali terjadi fenomena ‘air mata palsu’ atau ‘reflex tearing’.

Jadi, matamu akan mengeluarkan air mata yang turun begitu saja – mengalir di pipimu. Namun kondisi ini justru kurang baik, karena menjadi pertanda kalau mata tidak memeroleh lubrikasi yang cukup. Air mata palsu itu malah menjadi sinyal darurat bahwa mata butuh lebih banyak pelumas.

Air mata palsu terbuat dari air saja. Sehingga bisa membilas kotoran, namun tidak bisa melapisi mata sebagaimana air mata asli.

Kalau air mata asli terbuat dari kombinasi bahan yang mantap. Ada unsur air yang bisa menjadi pelembab, lendir yang bisa meratakan penyebaran, minya yang bisa menjadi pelumas, antibodi, dan protein spesial sebagai penghalau infeksi.

Wah, ternyata air mata bisa sepenting itu, ya? Kalau sudah begini, jadi pengin nangis sendiri.

Obat dan solusi mata kering

Image via: statyourself.com mata kering, air mata, mata kering obatnya, mata kering obatnya apa, insto dry eyes, mata kering obat, mata kering obat tetes
Dokumentasi pribadi

Kalau soal mata, saya yakin mayoritas dari kita pasti hati-hati. Enggak mau sembarangan memberikan obat. Mau obat tetes, salep, gel, dll, mesti jelas dulu. Jangan sampai didapat dari sembarang merek.

Jika kondisinya parah, sebaiknya memang dikonsultasikan lebih lanjut dengan spesialis perawatan mata, ya.

Tetapi untuk kasus mata kering umum, apa sudah mencoba Insto Dry Eyes?

Iya, jadi selain Insto Reguler, ada juga Insto Dry Eyes yang diproduksi khusus untuk menangani mata kering.

Bisa dibilang, produk Insto Dry Eyes menjadi “air mata buatan”. Tentu lebih baik dari air mata palsu. Sebab air mata buatan ini memiliki kekentalan yang mirip seperti air mata natural. Sehingga saya rasa produk ini bisa menjadi terapi pilihan bagi penderita mata kering level ringan/biasa.

Baca Juga :  Ihwal Rasa Tentram Dalam Hidup

Penggunaan Insto Dry Eyes juga tidak mesti sesuai resep dokter. Sehingga kamu bisa menjumpainya dengan mudah di apotek-apotek terdekat. Produk ini tersedia dalam ukuran 7,5 ml.

Harga Instro Dry Eyes

harga insto dry eyes, obat tetes, obat tetes mata, obat tetes mata insto, insto dry eyes, obat tetes mata kering,
Dokumentasi pribadi

Waktu ke Indomaret (20-07-2019), saya beli dengan harga Rp16.400. Banderol yang sedikit lebih mahal dari Insto Regular. Namun sepadan, sih, soalnya keluhan mata kering jadi berkurang.

Penggunaan Insto Dry Eyes

penggunaan insto dry eyes, obat tetes, obat tetes mata, obat tetes mata insto, insto dry eyes, obat tetes mata kering, efek samping obat tetes, efek samping insto dry eyes
Dokumentasi pribadi

Penggunaan cukup 1-2 tetes pada setiap mata. Bisa digunakan sesuai kebutuhan, 3x sehari, atau memang disesuaikan dengan anjuran dokter – jika memang melakukan konsultasi.

Asal jangan sampai “ketagihan” menggunakanya, ya. Tidak perlu keseringan, berlebihan, dan digunakan dalam jangka waktu sangat panjang. Sebab ada kemungkinan bisa merusak selaput mata.

Kalau gejala mata kering sudah hilang, sebaiknya berhenti menggunakan tetes mata spesial ini. Untuk pengguna soft lens juga, sebaiknya tidak menggunakan produk ini. Kalau mau, tunggu dulu 10-15 menit setelah obat diteteskan, barulah pakai lensa kontak.

Insto Dry Eyes bisa menjadi pelumas mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi karena stok air mata sedikit, dan membunuh bakteri juga.

Jadi, jangan lupa berkedip!

Terus, jangan sampai tergoda untuk menyepelekan eksistensi air mata. Kalau sudah mengering, baru terasa deh akibatnya. Kalau Mata Sudah Kering, Baru Terasa Pentingnya Air Mata. #RD

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.