Kata-Kata yang Sebaiknya Dihindari Diucapkan Pada Orang Depresi

0
SHARE
orang depresi, orang depresi sensitif, orang depresi kurang iman, orang depresi kurang ibadah, orang depresi kurang doa, kata kata depresi
Image via: everydayhealth.com

Si X alergi udang. Ketika tidak sengaja memakannya, dia langsung bersin-bersin. Hidungnya terasa sangat gatal, kulitnya juga memerah, matanya berair, dan bahkan dia mengeluh mual.

Si Y yang melihatnya sempat menahan tawa. Lalu Si Y bilang, ‘halah lebay banget sih, Si X! cuman makan sedikit udang doang! Saya juga gak apa-apa nih makan 10 ekor udang!’.

Bagaimana tanggapan kamu pada keadaan Si X dan pada sikap Si Y?

Normalnya, kita akan merasa simpati pada Si X. Orang-orang yang memiliki alergi sama juga pasti akan memahaminya. Sebaliknya, orang-orang yang tidak tahu apa-apa tentang keadaan Si X mungkin akan ikut menghakiminya … layaknya Si Y.

Penghakiman dan sikap seakan-akan ‘merendahkan’ kerap terjadi juga pada orang-orang yang menderita gangguan mental, seperti depresi. Gangguan mood atau suasana hati ini menyebabkan penderitanya terus-terusan sedih, frustrasi, acuh tak acuh, merasa tidak berharga, tidak bergairah, tidak produktif beraktivitas, bahkan untuk level parah bisa ada kecenderungan untuk bunuh diri.

Jika ada orang seperti ini, alangkah lebih baiknya untuk tidak jadi menyebalkan seperti Si Y. Sebisa mungkin menghindari kata-kata berikut ini:

  • ‘Mungkin depresi ini terjadi karena kamu kurang bersyukur’.
  • ‘Mungkin kamu kurang dekat sama Tuhan, makanya jadi lemah iman dan depresi begini’.
  • ‘Mungkin kamu perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahmu agar depresimu berkurang’.
  • ‘Sebaiknya kamu rajin mengaji dan menjalani ruqyah agar depresimu sembuh’.
  • ‘Hidup ini indah, tidak perlu berlebihan menghadapi masalah dunia biar enggak depresi’.
  • ‘Masalah kamu belum ada apa-apanya dibanding Si Anu’.
  • ‘Belum merasakan keajaiban doa, ya? Kalau berdoa dengan baik dan benar, pasti depresi bisa dihindari’.
  • ‘Depresi sampai keinginan untuk bunuh diri bikin kamu lebih dekat dengan gerbang neraka, loh!’.
  • ‘Ya udah sih, hidup itu bukan cuman tentang depresi kamu aja. Masih ada masalah-masalah di dunia yang perlu kita diskusikan. Pokoknya kuncinya sabar deh!’.
Baca Juga :  15 Cara atau Tips Trik Agar Kesan Pertama Kita Baik dan Menarik

Ada kemungkinan, kalau belum merasa depresi atau tidak paham tentang apa itu depresi, komentar-komentar seperti di atas pasti mudah diucapkan.

Bukan tidak mungkin kamu jadi orang yang bersyukur, bersabar, rajin berdoa, dan rajin berdoa, sekaligus juga menderita depresi.

Bukan tidak mungkin kamu jadi orang yang berkecukupan, enak dipandang, ramah, dan dermawan, sekaligus juga menderita depresi.

Bukan tidak mungkin kamu jadi orang yang pandai bergaul, punya banyak teman, terpelajar, dan baik, sekaligus juga menderita depresi.

Kenapa Kata-Kata Di Atas Harus Dihindari?

Karena tidak menolong. Tidak ada efek positifnya sama-sekali.

Malah semua kata-kata itu akan menambah beban penderita depresi. Dia merasa semakin terpojok, bersalah, malu, cemas, takut, dll. Sehingga dia semakin tertutup dan tidak percaya siapa-siapa. Dia merasa tidak ada yang bisa memahaminya. Dia bahkan minder untuk meminta pertolongan.

Kalau sudah begini, siapa yang mau disalahkan?

Kalau tidak tahu dan tidak paham apa-apa, sebaiknya diam, ya. Berusahalah untuk memahami, bukan malah menghakimi.

Kalau ingin sedikit membantu, coba diam dan sabar mendengarkan. Namun tidak perlu mendiagnosa dan mengarahkan penanganan. Apalagi kalau kita bukan pakarnya.

Sebaiknya pelan-pelan arahkan pada pertolongan profesional. Entah itu konselor atau psikiater. Sebab itulah yang sedang dia butuhkan.

Mereka tidak membutuhkan wejangan, nasihat, ceramah, khotbah, ayat suci, hadis, dll. Cukup keberadaan, pemahaman, dukungan dan kesediaan kita untuk menuntunnya agar bersedia ditolong pihak yang lebih mumpuni.

Pada dasarnya mereka sedang menderita dan ada keinginan untuk pulih, bukan malah dikomentari dan jadi tambah parah. Kata-Kata yang Sebaiknya Dihindari Diucapkan Pada Orang Depresi. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.