Ketahui Perbedaan Produk Sunblock dengan Sunscreen Pada Kulitmu, Sudah Tahu?

0
SHARE
sunblock dan sunscreen, perbedaan sunblock dan sunscreen, produk sunblock dan sunscreen, sunblock dan sunscreen nivea
Image via: hartonomall.com

Ternyata istilah penggunaan kata sunblock sudah tidak digunakan lagi, karena lebih tepat memakai istilah sunscreen. Mengapa demikian?

Karena sunblock kurang tepat faktor dari tidak ada satupun kandungan didalamnya yang dapat memblok sinar UV. Bahkan tepatnya di Amerika, hal ini sudah dilarang oleh FDA, instansi yang setara dengan badan BPOM di indonesia.

Berdasarkan bahan yang digunakannya, sunscreen dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sunscreen chemical

Bekerja dengan cara membuat suatu lapisan di permukaan kulit untuk menyerap energi radiasi UV, sehingga tidak sampai terserap atau masuk ke lapisan kulit bagian dalam. Sunscreen chemical mengandung beberapa bahan aktif seperti cinnamates, octisalate, ovybenzone, dan dioxybenzone. Sunscreen jenis ini yang sering disebut sebagai sunblock. Kebanyakan formulasi sunscreen yang dijual di pasaran merupakan kombinasi dari physical dan chemical.

  • Sunscreen physical

Bekerja dengan cara membuat suatu lapisan di permukaan kulit sehingga mampu menghalangi sinar UV agar tidak menembus lapisan kulit bagian dalam. Sunscreen ini biasanya mengandung bahan aktif seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

“dilansir dari laman Honestdocs” keduanya banyak yang mengatakan sama, padahal ada perbedaan antara sunblock atau sunscreen. Sangat perlu untuk mengetahui perbedaannya, apalagi kalau kulit gampang bermasalah seperti rawan terkena jerawat, berubah warna, atau bertipe sensitif.

Mengetahui perbedaan kedua produk ini dapat membantu kita untuk memutuskan mana yang lebih baik terhadap kulit, apakah menggunakan tabir surya jenis sunscreen ataukah produk sunblock. Krim yang tidak mudah menyerap sinar UV, melainkan memantulkannya kembali. Sunblock biasanya mengandung bahan organik dan nonorganik yang dapat bertahan di permukaan kulit untuk mencegah sinar matahari merasuk dalam kulit.

Produk sunblock (mineral sunscreen) merupakan produk yang bertindak sebagai penghalang (secara fisik) antara kulit dan sinar UV. melainkan dengan cara menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit. Jika sunblock bekerja secara fisik, lain halnya dengan sunscreen yang bekerja secara kimiawi dengan cara mencegah kerusakan jangka panjang akibat sinar matahari. Sunscreen (chemical sunscreen) biasanya lebih populer ketimbang sunblock.

Baca Juga :  30 Lagu Indonesia yang Abadi Sepanjang Masa
produk sunblock nivea, produk sunscreen nivea, sunblock dan sunscreen, perbedaan sunblock dan sunscreen, produk sunblock dan sunscreen, sunblock dan sunscreen nivea
Image via: nivea.co.id

Adapun produk sunblock dari Nivea Cream sangat beragam manfaatnya, seperti:

  • Mencegah kulit terlihat kusam

Tidak ada yang mau terlihat kusam. Apalagi kulit wajah sering menjadi pusat perhatian. Nah, pelembab ini ternyata juga bisa menjadi pelindung untuk kulit wajahmu agar udara dan polusi yang kotor tidak langsung mengenai kulit.

  • Mencegah Sebum Keluar Berlebihan

Untuk kamu yang mempunyai kulit wajah berminyak, kamu pasti sering berfikir bahwa kamu tidak membutuhkan pelembab. Eits, jangan salah! Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab seperti jenis kulit lainnya. Karena jika kelembapan kulit berkurang, kulit akan merespon dengan mengeluarkan minyak lebih banyak lagi untuk melembapkan kulit kamu. Oleh karena itu, kamu wajib untuk memakai krim ini supaya minyak di wajahmu dapat terkontrol.

  • Mencegah Timbulnya Kerutan

Kamu pasti tak ingin kerutan terlihat pada wajah, kan? Jika kamu tidak ingin kerutan muncul di wajahmu, kamu harus bangget mencoba produk ini. Dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya, kerutan pada kulitmu akan berkurang dengan perlahan.

Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci wajah kamu. Cucilah wajah dengan sabun untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel karena aktivitas. Keringkan kulit dengan tisu atau handuk. Jangan menggosok kulit terlalu kencang, karena dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Menggunakan toner sebelum pelembab, dapat membantu menghilangkan semua kotoran yang ada pada kulit, lho! Ambil pelembab secukupnya pada telapak tangan lalu oleskan sedikit-sedikit seperti titik titik pada dahi, dagu, pipi, hidung, dan sebagainya. Jangan lupa gunakan dua jari, ya! Mulai dari dahi tengah, lalu oleskan secara memutar ke luar dan ke atas.

Terakhir, Jangan lupa gerakan memutar untuk meratakannya supaya pelembab dapat meresap dengan baik ke kulit kamu. Dalam hal ini, tidak dianjurkan untuk terlalu menekan wajah jika ingin meratakannya, karena dikhawatirkan dapat merusak kulit wajahmu Ingat, jangan terlalu menekan wajah untuk meratakannya karena bisa merusak lapisan kulit kamu. Ketahui Perbedaan Produk Sunblock dengan Sunscreen Pada Kulitmu, Sudah Tahu? #AP

Baca Juga :  8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.