Menebak Kepribadian Berdasarkan 11 Tipe Musik Favorit, Siapa yang Diprediksi Egois?

1
SHARE
mendengarkan musik, perempuan mendengarkan musik, kepribadian penyuka musik klasik, kepribadian penyuka musik jazz, kepribadian penyuka musik rap, kepribadian penyuka musik rock, kepribadian penyuka musik metal, kepribadian penyuka musik heavy metal
Via: rev967.com

Benarkah selera musik seseorang bisa membocorkan kepribadian atau karakternya?

Hal ini memang sudah sering dibahas, ya. Dan, kamu bisa bertanya pada dirimu sendiri setelah membaca postingan ini dengan tuntas. Apa sih jenis musik yang paling sering didengar? Benarkah musik tersebut bisa membongkar sifat-sifatku selama ini?

Dalam salah-satu artikel Psychcentral, diceritakan ada seorang profesor bernama Adrian North dari Universitas Heriot-Watt (Edinburgh UK). Dia menggeluti psikologi musik dan sudah melakukan penelitian terkait hubungan musik dengan kelakukan konsumen musik itu sendiri. Partisipannya sebanyak 36k lebih, yang tersebar di sekitar 60 negara.

Hasil studinya menunjukkan ada perbedaan karakter atau tingkah laku para penikmat musik. Beda jenis atau genre-nya, beda juga personalitinya. Nah hasil penelitian Prof Adrian ini daku kombinasikan dengan ulasan Brandon Specktor dari Reader’s Digest, ya. Jom!

kepribadian berdasarkan musik, kepribadian berdasarkan musik favorit, selera musik mempengaruhi kepribadian, musik membuat cerdas otak, selera musik tinggi, kepribadian penyuka musik klasik, kepribadian penyuka musik jazz, kepribadian penyuka musik rap, kepribadian penyuka musik rock
Via: blacksingleswebsite.info

1. Penyuka Musik Heavy Metal

Kamu cenderung ngefans sama karya-karya Metallica, Megadeth, Black Sabbath, Iron Maiden, Slayer, AC/ DC, Led Zeppelin, Dream Theater, Avenged Sevenfold, dsb.

Meski seleramu cukup keras, namun sebenarnya kamu merupakan sosok yang lembut. Kamu juga tipikal orang yang kreatif, santai atau kalem, bukan pekerja keras, dan tidak begitu outgoing.

2. Penyuka Musik Klasik

Playlist-mu dipenuhi oleh nama Beethoven, Mozart, Bach, Chopin, Liszt, dsb.

Sudah rahasia umum kalau penyuka musik klasik biasanya menjadi figur yang cerdas, kreatif, berkelas, dan menjunjung martabat atau harga diri. Selain itu, kamu juga cenderung berkepribadian introvert dan cukup “kompleks”.

3. Penyuka Musik Hip Hop/ Rap

Kamu kecanduan menikmati karya musik hasil karya Kendrick Lamar, Jay Z, Eminem, Drake, Lil Wayne, Nicki Minaj, Dr. Dre, dsb.

Kemungkinan besar kamu adalah sosok yang ekstrovert, yang menikmati musik enerjik serta mengandung irama yang asik. Kalau mendengar musik ini, kamu jadi kepincut untuk ikut bedendangm berjoget, atau mengekspresikan dengan orang lain. Kamu juga biasanya merupakan tipikal yang blak-blakan, tak keberatan untuk menyampaikan isi hati atau pikiran.

Baca Juga :  Menebak Sifat atau Kepribadian Seseorang dari Rasa Es Krim Kesukaan

4. Penyuka Musik Pop

Sepertinya golongan pecinta musik pop memang sangat banyak. Kamu seringkali mendengarkan lagu-lagunya Adele, Ed Sheeran, One Direction, Bruno Mars, Justin Timberlake, Justin Bieber, Katy Perry, Taylor Swift, Rihanna, Lady Gaga, Selena Gomez, Fifth Harmony, Maroon 5, dlsb.

Kamu adalah orang yang lihai bersosialisasi, bisa bekerja keras, memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi, dan outgoing. Tetapi kamu juga cenderung mudah grogi, merasa khawatir, kurang kalem, dan kurang kreatif.

5. Penyuka Musik Rock

Kalau punya media sosial, akun-akun yang akan kamu ikuti tak jauh dari Pink Floyd, Queen, The Beatles, The Doors, Led Zeppelin, Fleetwood Mac, The Who, R.E.M., The Corrs, Green Day, Bob Dylan, David Bowie, Mick Jagger, dsb.

Genre rock sendiri memang berbeda-beda, ya. Tetapi secara umum kamu memiliki sifat yang sama dengan pecinta heavy metal, yakni easy going atau santai. Tetapi kalau dibandingkan dengan pendengar musik lain, kamu dinilai sebagai pribadi yang cenderung egois.

Yang suka indie rock digambarkan sebagai figur kreatif, lebih terbuka, bersedia mencoba hal-hal baru, kurang suka dengan aturan (sekalipun terkait pekerjaan), dan rasa percaya dirinya cukup rendah. Sementara penggemar punk rock biasanya adalah sosok yang enerjik, kuat, tetapi kurang memiliki empati.

6. Penyuka Musik Folk, Blues, atau Jazz

Kamu begitu membanggakan karya-karyanya Bob Dylan, The Corrs, Simon & Garfunkel, The Lumineers, Mumford & Sons, Eric Clapton, B.B. King, Miles Davis, Louis Armstrong, dsb.

Mirip dengan penikmati musik klasik. Kamu tipikal orang yang sangat kreatif, lembut, dibikin santai saja, reflektif, memiliki pemikiran terbuka, dan suka kebebasan/ keleluasaan. Bagimu, bermain musik menjadi “olahraga otak” yang menyenangkan.

Baca Juga :  Menebak Kepribadian dari 8 Genre Film Kesukaan

7. Penyuka Musik Country

Nama-nama musisi yang langsung nyantol di pikiranmu pasti berkutat pada Willie Nelson, Garth Brooks, Keith Urban, Dolly Parton, Carrie Underwood, Lady Antebellum, dsb.

Kamu diprediksi sebagai orang yang sangat bersahaja/ rendah hati/ sederhana, dan memiliki rasa empati tinggi. Kepribadianmu biasanya ekstrovert, outgoing, pekerja keras, dan menyenangkan. Tetapi kamu sepertinya konservatif akan urusan politik, kurang terbuka pada genre musik atau pada karya seni lainnya.

8. Penyuka Musik Reggae

Kamu menjadi salah-satu fansnya Bob Marley, Peter Josh, Stephen Marley, Black Uhuru, dsb.

Kamu lebih condong pada sesuatu yang bisa dibawa santai saja, dan tidak bisa dipaksa untuk bekerja keras. Tetapi kamu adalah sosok yang cukup lembut, kreatif, dan rasa percaya dirinya tinggi.

9. Penyuka Musik Dance

Seleramu ada pada musisi-musisi seperti Daft Punk, David Guetta, Madonna, Skrillex, Diplo, Avicii, Major Lazer, DJ Snake, Steve Aoki, Galantis, Missy Elliot, dsb.

Kamu memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Kamu juga outgoing. Tetapi kamu dinilai sebagai sosok yang kurang lembut.

10. Penyuka Musik Indie

Meski berbeda dengan orang lain yang suka musisi mainstream, kamu tetap memuji karya-karyanya Arcade Fire, Muse, Vampire Weekend, The Shins, Arctic Monkeys, Radiohead, The Strokes, dsb.

Ada kecenderungan kalau itu bukan orang yang sangat pede, bukan pekerja keras, dan tak begitu lembut. Tetapi kamu memang anti-mainstream, unik, dan kreatif.

11. Penyuka Musik India/ Bollywood

Ya, kamu sangat terhibur dengan lagu-lagu India. Kamu pasti lebih tahu siapa nama-nama penyanyi Bollywood yang kesohor. Yang jelas, kamu kemungkinan memiliki karakter outgoing dan cukup kreatif.

Kesimpulan musik dan pengaruhnya pada sifat atau karakteristik manusia ini memang berdasarkan sebuah studi. Tetapi kalau hasilnya meleset, tidak perlu dipandang terlalu serius, ya. Bagaimana pun, urusan selera seseorang dan personaliti yang dibawanya memang bukan perkara simpel dan mudah. Demikian, Menebak Kepribadian Berdasarkan 11 Tipe Musik Favorit, Siapa yang Diprediksi Egois? #RD

Baca Juga :  Menebak Keadaan atau Kepribadian Seseorang Dari 9 Isi Lamunan
SHARE

1 COMMENT

Comments are closed.