Mengapa Bayi Rentan Terkena Infeksi Saluran Napas? Berikut Penjelasannya

0
SHARE
Bayi menangis, infeksi saluran pernapasan bayi, hidung bayi tersumbat, sleek baby bayi
Image via: Orami.parenting.co.id

Selain masalah pencernaan, maka infeksi pada saluran pernapasan juga paling sering terjadi pada bayi. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai kondisi dan juga memunculkan beragam gejala yang berbeda-beda. Termasuk diantaranya adalah hidung bayi mampet atau nafas yang berbunyi dan sejenisnya. Hal ini bisa muncul dalam jangka waktu pendek, namun juga bisa terjadi dalam jangka waktu panjang, sehingga memunculkan masalah yang lebih serius jika tak kunjung diatasi.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada sekitar 41,9 persen balita di Indonesia yang menderita ISPA, setidaknya ada 2 jenis infeksi saluran pernapasan yang terjadi pada si kecil, diantaranya adalah:

Infeksi saluran pernapasan atas, yaitu yang terjadi pada rongga hidung, sinus sampai dengan tenggorokan, khusus untuk faktor penyebabnya juga beragam, diantaranya adalah infeksi dari virus influenza, EBV, Pestussis, Streptococcus dan lain sebagainya.

Infeksi saluran pernapasan bawah, adapun juga jenis yang lainnya adalah infeksi pada saluran pernapasan bawah yang terjadi pada jalan napas dan juga paru-paru. Faktor penyebabnya juga sangat banyak, baik itu infeksi virus ataupun juga bakteri.

Bayi dan anak-anak memang lebih rentan untuk terkena ISPA dibandingkan dengan orang dewasa, dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya lebih lemah dari orang dewasa. Sehingga belum bisa melawan virus dan juga bakteri secara optimal. Selain itu, faktor yang lainnya dipicu oleh kondisi kamar atau ruangan di dalam rumah yang terlalu lembab, sehingga resiko terjadinya infeksi ini juga meningkat berkali-kali lipat lebih tinggi.

Minyak telon, minyak telon sleek baby, minyak telon bayi
Image via: Sleekbaby.co.id

Dalam kasus infeksi saluran napas bawah dan juga atas ini memiliki kondisi yang berbeda-beda, hendaknya orang tua bisa aktif mengenalinya sehingga tidak terlambat di dalam melakukan penanganan. Bisa segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Waspadai juga beberapa masalah kesehatan lain pada buah hati layaknya perut bayi kembung jadi sebaiknya lakukan pencegahan masalah kesehatan ini dengan menjaga kelembapan udara dan suhu tubuh mereka. diantaranya dengan rutin mengoleskan Sleek Baby telon oil di tubuhnya agar senantiasa hangat. #DRSB

Baca Juga :  Cerita Orang Tua
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.