Home » et cetera (etc.) » Diary Tentang Musik » Misteri Lagu “Thinking Out Loud” – Ed Sheeran

Misteri Lagu “Thinking Out Loud” – Ed Sheeran

Misteri Lagu “Thinking Out Loud” – Ed Sheeran

Poto Ed Sheeran 2015, misteri suara misterius dalam lagu thinking out loud Ed Sheeran

morefm.co.nz

Percaya atau tidak, daku agak ‘trauma’ mendengar lagu Thinking Out Loud. Kebetulan sudah jarang didengarkan juga. Apalagi pas beredar isu soal suara misterius di dalam lagunya. Ada yang bilang suara bocah laki-laki, suara perempuan dan ujung-ujungnya mereka pada bilang… suara hantu. Hiiiy!

Thinking Out Loud yang aslinya manis banget ini berubah jadi seram banget, ya. Hehe…

Ada untungnya juga, soalnya lagu ini kembali terangkat ke permukaan. Hehe…

Kronologis Cerita Mistis Lagu “Thinking Out Loud”

Daku enggak bisa memberi kepastian siapa atau akun mana yang pertama kali mengangkat cerita ini. Yang jelas, isu ini (sepertinya) berasal dari orang-orang Filipina. Kebetulan, di sana lagu Ed Sheeran yang satu ini lagi booming banget. Bahkan sampai ada yang bilang kalau Thinking Out Loud ini jadi lagu kebangsaan mereka yang kedua. Saking populernya kali, ya.

Terus ada deh yang membagikan kecurigaan soal ‘suara asing’ aka misterius di lagu ini di media sosial, khususnya fesbuk sama twitter. Para fesbuker dan pengguna twitter tentunya penasaran. Seketika cerita ini jadi trending topik. Rumor semakin meluas dan banyak yang setuju kalau di lagu itu memang ‘ada apa-apa’-nya.

Lagu Thinking Out Loud Bagian Mana yang Misterius itu?

ed sheeran, lagu ed sheeran, ed sheeran thinking out loud, lagu misterius ed sheeran, misteri ed sheeran, misteri lagu ed sheeran

Via: dose.ca

Baru pertama kali, daku mau ngeklik play lagunya Ed Sheeran dalam keadaan deg-degan (karena takut). Mana kondisi lagi sepi, lagi?! Tapi rasa penasaran yang kuat suka mendorong orang untuk lebih nekad, bukan?

So, bagi yang penasaran sama bagian lagu Thinking Out Loud mana yang… errr… menyeramkan, cek saja di bagian kedua dari chorus lagunya, tepatnya di kalimat yang kedua dan lebih spesifiknya lagi di kata ‘baby, my HEART’ (00.34 – 00.44). Tapi kalau mendengarkannya via mp3, ‘suara itu’ muncul di detik 00.36-00.38.

Baca Juga :  Lirik dan Terjemahan Lagu “Love So Soft” – Kelly Clarkson, Akhirnya Comeback!

Daku pribadi sudah menyadari ada semacam echo atau gema. Tapi sama-sekali tidak curiga. Daku awam, sih. Enggak ngerti juga soal teknik musik atau apa. Dikira memang sudah di-set seperti itu dari sananya dan tidak ada yang perlu dipertanyakan.

Apa Kata Para Ahli Musik Soal Misteri Lagu Thinking Out Loud?

poto ed sheeran, berita ed sheeran, berita lagu ed sheeran, kabar misteri lagu ed sheeran, lagu thinking out loud menurut para ahli

Via: breakingtrending.com

Manila Buletin mengabarkan…

Seorang editor suara bernama Mica Marie Venturero tidak menemukan adanya kesalahan editing, tidak menemukan usaha untuk memproduksi reverb, tidak setuju kalau ‘suara itu’ adalah suara gitar dan tidak setuju kalau ada ‘backing vocal’. Dia mengatakan, biasanya ketika penyanyi sedang rekaman, dia bakal berada di area tertutup, jadi enggak bakal ada ‘suara lain’ yang terlibat. Jadi Venturero pun menyimpulkan… menakutkan juga kalau memang ada ‘yang ngikutin suara Ed Sheeran’.

Luiz Azcona, seorang produser musik mengatakan kalau suara Ed Sheeran di bagian itu ‘mentah’ sedikit bergetar, tapi dibiarkan saja agar makin emosinya ‘dapet’. Kalau soal kesalahan editing, dia rasa hal itu enggak mungkin. Mereka pastinya sangat berpengalaman dan sudah profesional.

Bagaimana Penjelasan Ed Sheeran?

Cerita lengkap soal misteri thinking out loud Ed Sheeran, tanggapan ed sheeran soal suara misterius dalam lagu thinking out loud

alexdansonmusic.com

AFAIK, belum ada pernyataan, tanggapan apalagi sampai jumpa pers resmi soal berita yang satu ini. Baik dari pihak manajemen atau Ed Sheeran sendiri. Kayaknya lebih baik memang begitu, ya? Baru kalau ada yang bertanya, Ed tinggal menjawab. Sekarang mah Ed fokus aja. Hehe…

Baca Juga :  Review Lagu "Believer" - Imagine Dragon

Pendapat-pendapat yang menenangkan hati para Sherios aka fans Ed Sheeran

Salah-satu pihak yang paling gelisah dengan rumor ini tentunya para penggemar Ed Sheeran, apalagi yang penakut. Hihi…

Wajar ya, sebelum pihak terkait resmi memberi penjelasan, pastinya orang-orang sudah pada komentar duluan. Para ahli musik, pengamat musik sampai penikmat musiknya juga. Nah berikut ini beberapa argumen yang sedikit mendamaikan hati para fans Ed Sheeran:

Michael Vincent 

Penjelasannya panjang, menyinggung gelombang suara. Tapi intinya Vincent menemukan fakta bahwa kejanggalan atau ‘suara aneh’ itu muncul juga di bagian lain. Sepertinya ada kesalahan ketika rekaman masih berlangsung. Tidak ada yang begitu signifikan dan supranatural atau mistis. ‘Suara’ itu hanya gema, bukan berasal dari ‘hal luar’.

Aeron Kiel Mactal

Dia tidak terlalu yakin dengan isu soal gelombang suara. Menurutnya, sesuatu yang dikatakan misteri ini sebenarnya berasal dari masalah sensitivitas dan sedikit gema juga.

Ronald Basmayor

Orang audio ini sih bilangnya… bisa saja pihak Ed melakukan kesalahan. Misalnya karena kualitas mikrofonnya. Atau, ada kesalahan juga ketika mengutak-atik tombol agar instrumen sama vokalnya pas. Dia juga setuju sama Aeron soal suara yang cracked atau sedikit bergetar karena terlalu rendah. Sehingga audio compressor mesti dipakai untuk membuatnya lebih terdengar nyaring dan emosional juga.

Baca juga: Lagu-lagu dengan Suara Misterius Di Dalamnya.

ed sheeran, poto ed sheeran, misteri ed sheeran, kabar ed sheeran,

Kulas (blogger sekaligus pekerja di radio Kota Batangas, Filipina)

Dia bilang, enggak perlu takut soal ‘suara’ yang dianggap aneh di lagu Thinking Out Loud ini. Logikanya… kalau memang ada ‘suara asing’ di lagu itu, masa iya pihak studio rekaman Ed tidak mengeditnya dan tetap melemparnya ke publik?

Baca Juga :  Review Lagu Wiz Khalifa Feat Charlie Puth – See You Again

Sebelum dipasarkan, biasanya materi lagu itu akan kembali didengar dengan seksama di monitor suara yang canggih, sama menggunakan software Adobe Audition sound-Editing juga. Jadi bisa kelihatan kalau ada kesalahan apapun, terus kelihatan juga bagian-bagian mana yang mesti diedit atau diperbaiki.

Masih menurut Kulas. Pihak studio terus memoles lagunya, lengkap dengan menghilangkan suara-suara yang tidak diperlukan. Termasuk suara kentut tertahan sekalipun. 😀 ini daku ambil kalimat ini dari Kulas, sebagai ‘sindiran’ kalau isu ini bisa dibilang hanya candaan semata.

Penjelasan lain

Penjelasan lain yaitu soal suara keduanya Harry. Beberapa fans bilang, kita bakal mendengar suara Harry di bagian 2.30 dst. Yang ini juga dianggap sebagai penjelasan kuat dan akurat, soalnya fakta ini diketahui sebelum rumor soal suara misterius di lagu ini menyeruak ke publik.

Penjelasan secara psikologis

Menarik, nih. Menurut beberapa ahli Psikologi… rumor soal ‘suara aneh’ ini bisa muncul dari seseorang yang sering menonton film horror atau mereka yang suka main online games. Imajinasi dan keyakinan mereka cukup kuat. Sehingga mampu memengaruhi yang lain untuk percaya atau minimal ketakutan (kayak daku -_-).

~

Bagi sebagian fans, misteri soal lagu ini sudah selesai. Mereka tinggal menunggu penjelasan lebih detail dan resmi, pastinya. Namun banyak juga yang masih penasaran dan terombang-ambing rasa percaya sama keraguan. Bro-Sist gimana? Misteri Lagu “Thinking Out Loud” – Ed Sheeran. [#RD]

error: