Operasi Katarak Apakah Benar dengan LASIK?

Operasi mata katarak, teknik Phacoemulsification, operasi katarak kmn eyecare
Image via: Alodokter.com

LASIK merupakan sebuah prosedur operasi mata, sedangkan katarak adalah penyakit atau gangguan kesehatan pada mata yang membutuhkan tindak operasi. Tapi, apakah benar operasi LASIK merupakan prosesur yang dapat dipilih para penderita katarak?

Mengenal Katarak dan Prosedur Operasinya

Seseorang bisa terkena katarak karena ada gangguan pada lensa matanya. Lensa mata tersebut entah karena faktor keturunan, penuaan, atau memang karena tidak terpelihara kesehatannya akan berkurang. Bahkan, fungsinya bisa hilang karena sudah tidak mampu lagi menerima cahaya yang masuk. Penderita biasanya akan mengalami gejala kekaburan penglihatannya secara perlahan hingga beresiko mengalami kebutaan apabila tidak mendapat tindakan.

Tindakan katarak berupa operasi penggantian lensa mata yang sudah tidak berfungsi dengan baik lagi pada pasien tersebut. Dengan lensa yang baru, diharapkan pasien bisa mendapatkan kembali fungsi penglihatannya dengan baik.

Lalu, saat ini kita juga dikenalkan pada sebuah operasi bernama LASIK. Sekalipun operasi ini bertujuan untuk penyembuhan mata, namun ternyata tidak ditujukan untuk katarak. Dari segi tujuannya, lasik dimaksudkan untuk meratakan dan menajamkan lengkungan pada kornea mata menggunakan teknik laser. Program pengaturan yang dilakukan pada laser tersebut akan mencoba menghapus jaringan-jaringan pada kornea mata yang harus dibuang atau dihilangkan.

Operasi Katarak, Antara Harga dan Kesembuhan

Pada dunia kesehatan mata, operasi katarak memiliki dua prosedur penanganan, ekstrakapsular (manual) dan intrakapsular (modern). Melalui prosedur ekstrakapsular, lensa matamu akan diambil secara manual setelah bagian depan lensa mata terbuka. Namun, tindakan ini tidak akan sepenuhnya mengambil bagian lensa mata tersebut. Bagian belakang lensa tetap dipertahankan.

Berbeda dengan tindakan operasi katarak intrakapsular, caranya lebih modern. Berbekal teknik dan teknologi, pada prosedur ini lensa matamu yang sudah terkena katarak tersebut akan seluruhnya diambil dan diganti dengan lensa mata yang baru.

Baca Juga :  Masakan Daging Sapi Ala Barat yang Cocok untuk Lidah Indonesia

Melihat perbedaan dan membandingkan keduanya, sudah bisa dipastikan jika operasi intrakapsular yang lebih modern akan membutuhkan biaya yang lebih banyak.  Peralatan pada prosedur ini jelas tidak boleh tidak berkualitas. Dilihat dari tekniknya, kita bisa membedakan keduanya dalam dua teknik operasi. Yaitu, operasi penggantian lensa phacoemulsification atau yang lebih dikenal dengan operasi katarak tanpa jahitan dan operasi katarak dengan teknik jahitan.

Phacoemulsification sangat terkenal saat ini. Teknik tanpa jahitan dapat dilakukan karena adanya gelombang ultrasonic. Dengan mudah, gelombang tersebut akan membersihkan katarak pada lensa mata dan mengeluarkannya. Penggantian dengan lensa baru pun bisa langsung dilakukan. Lebih modern tanpa harus bedah manual, Phacoemulsification selesai tanpa jahitan.

Kecanggihan Phacoemulsification juga dapat dirasakan dari lamanya waktu operasi yang diperlukan. Jika operasi katarak lain perlu 1 sampai 2 jam, phacoemulsification cukup 15 sampai 20 menit saja.

Pengaruh teknologi pada operasi ini memang harus diakui. Bahkan, dari segi resiko pasca operasi pun, hasil operasi dengan teknik Phacoemulsification lebih minim resiko efek samping. Mungkin nyaris tidak ada resiko.

Berbeda dengan operasi yang masih menggunakan teknik jahitan, resiko efek samping akibat komplikasi masih mungkin terjadi. Sayatan saat mengambil lensa dan jahitan saat operasi selesai merupakan luka yang akan lebih lama sembuhnya. Penyembuhan pun bergantung pada lebarnya sayatan yang dilakukan. Belum lagi saat lensa diganti, pasti ada tekanan yang dilakukan pada bagian tersebut.

Teknik Phacoemulsification Pilihan Terbaik

Walaupun biaya yang dibutuhkan lebih tinggi, faktanya banyak pasien katarak yang memilih operasi katarak dengan teknik Phacoemulsification. Teknik ini dinilai mampu memberi keyakinan lebih pada pasien karena waktu operasi yang ditawarkan lebih cepat, rasa sakit yang mungkin tidak terasa sama sekali, dan tentu saja masa pemulihan yang lebih cepat.

Baca Juga :  Nikmati Sajian Lezat Di 7 Tempat Makanan Sehat Dari Jogja

Bagi pasien katarak, pertimbangan biaya operasi bukan hal utama. Justru yang lebih diutamakan adalah mempertimbangkan tempat terbaik untuk melakukan operasi tersebut. Sebab, ketika kualitas yang ditawarkan mampu membuat katarak sembuh dan memberikan banyak kelebihan dalam setiap prosesnya, biaya tersebut wajar nilainya.

Bandingkan jika selalu menempatkan biaya sebagai pertimbangan utama. Pasti yang dicari yang murah, bukan kualitasnya!

Nyatanya, kualitas hasil operasi hingga minimnya resiko efek samping itu lebih menjanjikan kenyamanan kita. Lagi pula, jika kita memilih tempat operasi katarak yang tepat, biaya yang ditawarkan pun pasti lebih bijak.

KMN EyeCare, klinik mata terbaik di Indonesia ini misalnya. Sebagai klinik mata modern, KMN EyeCare tidak akan sembarangan menindak. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh sebelum akhirnya diputuskan tindakan tepat apa untuk masalah kesehatan mata kamu tersebut. Jadi, dari segi biaya pun pasti akan mengikuti kebutuhan mata kamu.

Lebih tahu, KMN EyeCare juga menawarkan paket yang lebih hemat dan terjangkau. Tidak hanya itu, ada juga promo menarik. Harga hemat dan berhadiah!

Dimana lagi kamu akan mendapatkan penawaran ini? Mata kembali sehat, biaya hemat, dan berkesempatan mendapatkan hadiah! #PM

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.