Home » Your Files » Panduan Cara Membayar Tagihan Listrik Secara Online

Panduan Cara Membayar Tagihan Listrik Secara Online

Image via: Kumparan

Berkat kemajuan teknologi, urusan membayar tagihan listrik kini bisa dilakukan secara online. Transaksi online pun bisa menjadi solusi pembayaran yang lebih praktis, efisien, dan juga mudah bagi masyarakat. Cara membayar tagihan listrik secara online bisa Anda lakukan melalui beberapa alternatif. Diantaranya dengan memanfaatkan situs resmi dari PLN, aplikasi PLN, dan menggunakan aplikasi pembayaran online terpercaya, yaitu Flip.

Cara Membayar Tagihan Listrik Online
Inilah beberapa pilihan cara pembayaran tagihan listrik secara online:

1. Situs Resmi PLN
Cara pertama yang bisa dicoba untuk membayar tagihan listrik secara online adalah dengan membuka situs resmi milik PLN. Untuk bisa mengetahui tagihan listrik bisa dengan memanfaatkan laman milik PLN yang resmi, yaitu https://web.pln.co.id yang bisa diakses melalui browser laptop maupun smartphone.
Ada beragam layanan yang ada di dalam situs resmi PLN tersebut jadi ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bisa mengecek tagihan dan melakukan pembayaran sekaligus. Bisa diakses dengan mudah asal terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

2. Aplikasi PLN
Selain website, PLN juga memiliki aplikasi sendiri yang bisa digunakan pada smartphone Android atau iOS. Anda bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau App Store untuk melakukan pembayaran tagihan listrik secara online dengan praktis. Jika aplikasi sudah terpasang tinggal membuka dan menjalankannya lalu pilih menu Informasi. Ketuk opsi Tagihan dan Token Listrik. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran lalu ketuk Cari. Nanti secara otomatis tagihan listrik token akan terlihat.

3. Via Flip
Selain menggunakan situs resmi dan aplikasi milik PLN, cara lain untuk bisa melakukan pembayaran adalah dengan menggunakan aplikasi pembayaran online, yaitu Flip. Cara pembayaran menggunakan Flip lebih mudah, cepat, dan pastinya hemat. Pasalnya, saat menggunakan aplikasi Flip, Anda bisa membayar tagihan tanpa biaya admin sedikitpun alias gratis!

Langkah membayar tagihan listrik dengan Flip pun sangat mudah, seperti berikut:

  1. Pasang dulu aplikasinya dengan cara mengunduhnya di Google Play Store atau App Store. Jika sudah maka buka dan jalankan aplikasinya.
  2. Pilih produk Listrik lalu pilih opsi Tagihan Listrik
  3. Selanjutnya Anda harus memasukkan nomor ID Pelanggan, kemudian tunggu beberapa saat sampai sistem selesai melakukan verifikasi data pelanggan
  4. Setelah itu akan muncul informasi tagihan yang harus Anda bayar, silahkan cek dengan teliti. Untuk melanjutkan ke proses pembayaran tagihan, klik opsi Lanjut
  5. Kemudian pilih metode pembayaran sesuai dengan jenis bank yang Anda miliki
  6. Anda kemudian bisa melakukan transfer ke rekening Flip yang sudah Anda pilih. Ingat, pastikan transfer hingga tiga digit terakhir yang diminta ya!
  7. Jika sudah transfer, klik opsi Saya Sudah Transfer dan tunggu beberapa saat agar Flip memproses transaksi Anda
  8. Selesai! Tagihan listrik pun sudah terbayar dengan mudah dan tanpa biaya admin!

 

Cukup mudah bukan cara bayar tagihan listrik secara online? Percayakan segala macam transaksi online Anda pada aplikasi Flip, karena ada beragam fitur pembayaran yang memudahkan penggunanya melakukan berbagai transaksi hanya dengan satu aplikasi saja. Mulai dari transfer antar bank, isi pulsa, paket data, hingga transfer uang ke luar negeri dengan Flip Globe.

 

Anda pun tidak perlu khawatir untuk urusan keamanan karena Flip sudah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. Perlu diingat bahwa flip tidak berada pada perizinan OJK, sebab Flip adalah perusahaan transfer dana yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia. Karena sudah mendapatkan izin lisensi, artinya semua transaksi yang dilakukan di Flip sudah dipastikan aman. Jadi, yuk unduh dan pakai Flip sekarang juga! #RR

error: