Home » et cetera (etc.) » Artis Korea atau KPOP » Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea

Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea

Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea

Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea, bedanya main dan lead, bedanya main vocalist dan lead vocalist, perbedaan main rapper dan lead rapper, sub vocalist adalah

Via: Wowkeren

Para fans musik Korea atau KPOP, khususnya boyband atau girlband mereka, tentu sudah tahu akan adanya posisi dan pembagian tugas dalam sebuah grup.

Umumnya, band atau grup Korea terdiri atas gender yang sama. Jarang ada band yang berjenis kelamin campuran, contohnya seperti K.A.R.D.

Rata-rata boyband atau girlband (selanjutnya kita singkat BG, ya) Korea berjumlah 4-7 member. Namun tak menutup kemungkinan jumlah personilnya semakin banyak, bahkan sampai belasan orang. Meski demikian, pada dasarnya pembagian sebuah grup masihlah sama.

Leader

Siapa itu Leader Boyband atau Girlband (BG)? Apa Tugas-tugasnya?

Mayoritas BG akan menunjuk salah-satu member sebagai leader, pimpinan, atau ketua. Kriteria leader sendiri bermacam-macam. Ada yang diangkat sebagai leader karena dia adalah anggota tertua (contohnya Kim Taeyeon SNSD), usianya pertengahan serta bisa menjembatani semua pihak (contohnya G-Dragon Big Bang), karena memiliki jiwa kepemimpinan, kharismatik, dewasa, paling menonjol, dsb.

Tugas-tugas dari seorang leader Boyband atau Girlband yaitu bertanggung-jawab “menjaga” grup dan para membernya, mewakili grup atau menjadi juru bicara utama, mengambil keputusan akhir setelah proses diskusi, menjadi mediator, memotivasi, dsb.

Boyband atau Girlband Korea Tanpa Leader-nya

Leader menjadi posisi yang cukup vital, namun tidak semua grup menunjuk satu orang untuk mengisinya. Sebut saja Miss A, yang tidak mengkonfirmasi siapa leader official mereka. Demikian juga dengan rekan boyband satu agensi mereka, 2PM. Mantan leader 2PM, Jay Park, sudah keluar. Dan sampai sekarang, tidak ada kejelasan siapa pengganti resminya.

Baca Juga :  Profil dan Fakta Seputar Eunhyuk

Lalu, bagaimana dengan posisi lainnya? Jom!

Posisi dan tugas dalam kpop, posisi dan tugas dalam boyband girlband, tugas leader boyband dan girlband, bedanya main dan lead, bedanya main vocalist dan lead vocalist, perbedaan main rapper dan lead rapper, sub vocalist adalah

Via: OneHallyu

Vocalist Boyband atau Girlband

Semua member dalam sebuah grup memiliki “jatah vokal”. Namun kita tak kaget lagi jika pembagiannya tidak sama. Ada yang dapat banyak, ada juga yang hanya beberapa lines saja. Dalam grup sendiri, posisi vokalis ini terbagi menjadi:

Main Vocalist

Sesuai namanya, member yang satu ini adalah sosok vokalis utama. Biasanya dia memiliki kualitas vokal terbaik, powerful, dan bisa “menaklukan” lagu. Tak heran kalau dia mendapat jatah yang cukup banyak, menyanyikan bagian-bagian sulit (seperti bagian yang ada high notes atau nada tingginya). Sebagai apresiasi, agensi pun sering menawarkan kesempatan sebagai penyanyi solo.

Lead Vocalist

Bisa dibilang, lead vocalist menjadi vokalis andalan kedua setelah sang main vocalist.  Biasanya dia menyanyikan verse, atau semacam bagian pengantar sebelum lagu menuju chorus atau juga menuju bagian sulit yang akan dinyanyikan vokalis utama. Tak jarang, dia juga akan menyanyikan bagian chorus, diiringi oleh suara main vocalist-nya. Kolaborasi keduanya pun menghasilkan harmonisasi yang keren. Kalau pun sang main vocalist tak bisa tampil karena cidera atau sakit, maka lead vocalist yang akan ditunjuk duluan sebagai penggantinya.

Baca Juga :  Kisah-Kisah Persahabatan Diantara Artis Korea

Sub Vocalist

Posisi selanjutnya diisi oleh member lain, selain main dan lead vocal. Jatahnya cukup singkat, namun sangat mendukung performa dari dua penyanyi utama. Semakin banyak membernya, tentu pembagian vokalis ini akan semakin bercabang.

Rapper Boyband atau Girlband

Sebenarnya posisi ini tak wajib ada. Ada yang lebih fokus menyanyi (contohnya Infinite dan Sistar). Ada juga yang memang mengedepankan aura hip hop atau rap (seperti Block B dan Big Bang). Namun sudah jadi tradisi tersendiri, kalau dalam BG Korea pasti ada minimal seorang rapper di dalamnya.

Rapper sendiri bertugas untuk menyanyikan bagian lirik dengan jumlah kata yang banyak, dan harus dibawakan secara cepat. Jika rapper­-nya lebih dari seorang, biasanya terbagi menjadi main rapper dan lead rapper.

Dancer Boyband atau Girlband

Namanya juga dancer atau penari, maka dia tentu memiliki skill di atas rata-rata dari member lainnya. Bukan hal mengejutkan kalau dia hanya menyanyikan sedikit bagian lagu, sebab energinya akan tumpah pada gerakan dancing. Dalam beberapa kesempatan, mereka akan kebagian solo dance. Ketika joget bareng-bareng, biasanya dancer akan ada di posisi terdepan. Ada grup yang membagi dancer menjadi main dancer dan lead dancer, ada juga yang tidak terlalu mengedepankan dancing.

Visual Boyband atau Girlband

Singkatnya, visual adalah member grup yang paling enak dipandang mata, sehingga dianggap sebagai sosok paling menarik (khususnya secara fisik atau penampilan). Eksistensinya menjadi “pemanis” dan magnet bagi para fans atau calon fans. Mereka pun kerap muncul dalam iklan atau menjadi endorser bagi brand dan sponsor. Kalau dalam sesi photoshoot, visual selalu berada di posisi strategis, yang bisa menjadi pusat perhatian orang-orang yang melihatnya.

Baca Juga :  Artis Korea yang Lahir pada Bulan Desember (Lengkap)

Face Boyband atau Girlband

Face sebuah grup sudah pasti menjadi visual juga. Namun visual grup belum tentu menjadi face grup itu. Seorang face dari BG biasanya tak hanya mengedepankan wajah atau fisik yang menarik, melainkan juga skill atau talenta mengagumkan. Dia pun kerap menjadi duta atau perwakilan grup, juru bicara, tamu di berbagai acara, punya personaliti yang bagus, menjadi role model, bisa unjuk gigi, dan pantas dianggap sebagai “wajah” dari grupnya sendiri. Biasanya sosok ini tak jauh dari leader, main vocalist, atau juga visual.

Bukan hal mustahil kalau seorang member memiliki berbagai posisi dalam grupnya. Selain itu, mereka juga bisa berkesempatan mengemban tugas “di balik layar”. Misalnya sebagai penulis lirik, komposer, koreografer, pembuat konsep music video alias video klip, dsb. Namun posisi-posisi vital ini biasanya baru dicecap setelah mereka dianggap cukup berpengalaman, senior, dan kredibel. Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea. #RD

Referensi: yourkpopguide on WordPress
error: