Perbedaan Utama Antara INFP-A dan INFP-T

0
SHARE
perbedaan infp-a dan infp-t, infp-a dan infp-t, bedanya infp-a dan infp-t, infp a adalah, infp t adalah
Image via: thoughtcatalog.com

INFP adalah kepanjangan dari  Introversion, Intuition, Feeling, dan Perception.

INFP dikenal sebagai pribadi yang idealis, kreatif, misterius, penuh empati, sekaligus individualistik. Dari 16 kepribadian menurut Myers–Briggs Type Indicator, INFP menjadi tipe yang paling penasaran, terbuka, dan sering disalahartikan.

Mereka tipikal pencari jalan hidup yang inspiratif dan menggugah. Tak heran kalau INFP lebih berminat terhadap hal-hal berbau seni, kemanusiaan, serta agama.

INFP juga mirip dengan tipe introvert “intuition” lain, yang sebelum berkomitmen dengan hal lain mestilah berkomitmen dulu dengan diri sendiri. Mereka merasa perlu mencari jati diri. Namun proses tidaklah instan. Butuh waktu untuk menentukan siapa mereka, apa yang mereka inginkan, ke mana tujuan hidupnya, dll.

INFP-A dan INFP-T

Rupanya INFP tidak sebatas INFP saja. Ada satu huruf yang bisa menjadi pembeda di antara INFP. Kamu bisa jadi seorang INFP-A atau INFP-T.

Hal ini cukup banyak ditanyakan pembaca Rosediana Diary, ya.

Jadi huruf A dan T bisa berlaku untuk tipe kepribadian lain. Tidak hanya INFP saja. Huruf A adalah Assertive. Arti harfiahnya yaitu tegas atau teguh.

Sedangkan huruf T adalah Turbulent. Arti harfiahnya yaitu bergejolak, bergolak, atau bergelora.

Dr. A.J. Drenth dari Personality Junkie mengatakan kalau berdasarkan data Google search, kebanyakan orang mencari tipe INFP-T ketimbang INFP-A. Kalau kamu tipe yang mana?

Menurutnya, mayoritas INFP memiliki ketegasan yang rendah. Mirip dengan tipe INTP, ISFP, dan ISTP.

Sehingga orang INFP itu sulit untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara langsung. Banyak keraguan, banyak pertimbangan, dan banyak alasan lain yang membuat mereka mengurungkan rencana untuk menyampaikan sesuatu secara langsung atau blak-blakan.

Mereka lebih sering memilih untuk diam, atau paling tidak memberi kode. Sayangnya, tidak semua orang memahami ‘bahasa kode’. Orang INFP-T pun lebih sering frustrasi, stres, atau mungkin depresi dengan keadaan ini.

Ya, hal ini tentu menjadi salah-satu titik kekurangan seorang INFP-T, dan bisa berdampak pada masalah asmara, karier, atau hubungan lain.

Masih menurut Dr. A.J. Drenth, hanya sedikit INFP yang bertipe Assertive. Biasanya tipe ini lebih matang dan stabil. Mereka lebih percaya diri dan lebih mampu mengekspresikan apa yang dirasakan atau dipikirkannya. Sehingga mereka bisa mengurangi potensi masalah, marah yang terpendam, stres, dll.

Umumnya orang INFP memang sulit dipahami. Penuh misteri. Hanya orang-orang tertentu yang mampu “menerjemahkannya”. Nah dear, INFP … kalau sudah ketemu “orang-orang para penerjemah itu” itu, pertahankan, ya. Perbedaan Utama Antara INFP-A dan INFP-T. #RD

Baca Juga :  Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert ISTJ, ISFJ, ISTP, dan ISFP
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.