Persamaan dan Perbedaan Zakat, Infak Serta Sedekah

0
SHARE
Zakat infak sedekah, persamaan Zakat infak sedekah, perbedaan Zakat infak sedekah
Image via: Islamidia.com

Pernah bingung membedakan istilah zakat,  infak dan sedekah?

Ketiganya kerap dihubungkan dengan amalan berupa harta benda. Khususnya uang.  Namun apakah non harta benda tidak bisa dijadikan indah,  sedekah atau zakat?

Persamaan zakat,  indah dan sedekah

Ketiganya sama-sama merupakan upaya untuk memberikan harta benda atau sesuatu yang dimiliki kepada orang lain.

Tujuan ketiganya yaitu untuk mendatangkan kebaikan atau kemaslahatan umat.

Ketiganya mampu membantu meningkatkan kesejahteraan umat.

Ketiganya mampu mewujudkan toleransi dan menjalin persaudaraan yang lebih erat lagi.

Ketiganya bisa “membersihkan” harta benda,  sehingga lebih berkah atau mendatangkan kebaikan. Baik kepada dirinya maupun orang lain.

Ketiganya sama-sama dianjurkan,  bahkan ada yang diwajibkan.

Zakat, infak,  dan sedekah

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia tahun 2011 (tentang pengelolaan zakat),  infak adalah istilah yang merujuk pada harta yang dikeluarkan perorangan atau badan usaha di luar zakat dengan tujuan untuk kemaslahatan umum.

Jadi,  infak adalah upaya untuk membelanjakan atau menggunakan harta benda demi kebaikan diri sendiri,  keluarga dan masyarakat.

Masih menurut UU,  sedekah adalah harta atau non harta yang diberikan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Cakupan sedekah lebih luas dan umum. Sedekah juga tidak terbatas pada harta benda.  Kita bisa mengeluarkan sedekah dengan cara tersenyum,  bertutur kata baik,  menyumbangkan tenaga,  memberi masukan yang baik,  dll.

Sedekah dilakukan untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.

Sedekah wajib biasanya kita sebut sebagai zakat. Saking pentingnya,  zakat sampai masuk ke dalam salah-satu rukun Islam. Hukum dan ketentuannya juga diatur.

Ada aturan mengenai siapa yang mesti mengeluarkan sebagian harta untuk zakat,  siapa 8 golongan penerima zakat,  berapa kadar harta atau pemberian yang wajib dikeluarkan,  kapan waktunya,  dll. Biasanya zakat diambil dari harta benda tertentu dengan jumlah tertentu juga.  Misalnya uang, beras atau emas.

Baca Juga :  Kabar Gembira Bagi yang Ingin Sikat Gigi Saat Puasa

Waktu untuk mengeluarkan zakat tidaklah sembarangan.  Contohnya zakat fitrah,  yang hanya dilakukan selama Bulan Ramadan – terutama jelang Usul Fitri atau lebaran.

Zakat mal juga baru dikeluarkan jika sudah mencapai nisab.  Masa kepemilikannya juga harus sudah satu tahun.

Sedekah Sunnah

Ada istilah sedekah sunah atau tathawwu’.  Sedekah ini tidak memiliki aturan ketat seperti zakat.  Tidak mesti diberikan kepada 8 golongan penerima zakat. Selain itu,  sedekah sunnah juga dianjurkan diam-diam.  Sampai ada istilah ‘ketika tangan kanan memberi,  tangan kiri jangan mengetahuinya’.

Sedikit lain dengan zakat,  yang boleh dilakukan terbuka. Tujuannya tentu bukan untuk raya atau pamer.  Melainkan menjadi contoh atau teladan bagi yang lainnya. Persamaan dan Perbedaan Zakat, Infak Serta Sedekah.#RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.