Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert INTJ, INFJ, INTP, dan INFP

0
SHARE
resolusi adalah, resolusi orang introvert, resolusi 2019, resolusi tahun baru, resolusi tahun baru introvert, resolusi INTJ, resolusi INTP, resolusi INFJ, resolusi INFP
Image via: zmescience.com

Kita sudah membahas Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert ISTJ, ISFJ, ISTP, dan ISFP, ya. Sekarang lanjut ke empat tipe introvert lain menurut Myers-Briggs. Tipe-tipe yang dimaksud yaitu INTJ, INFJ, INTP, dan INFP.

1INTJ

Resolusi INTJ: menjalani pekerjaan yang lebih baik dan lebih mendatangkan kebahagiaan.

INTJ adalah Introversion Intuition Thinking Judgement. Mereka sering disebut “the architect” atau “mastermind”.

INTJ adalah ‘sang dalang’ yang piawai dalam merangkai rencana. Kalau punya proyek, INTJ hafal betul bagaimana konsep dan langkah strategisnya. Orientasinya adalah masa depan, sehingga pikirannya cukup jauh.

Sekilas, INTJ itu mirip seperti ISTJ yang tidak bisa diam. Apalagi ketika tidak ada proyek yang mesti dieksekusi, mereka bisa gelisah sendiri. Hanya saja, mereka sering larut dalam kesibukan, sehingga lalai pada kebutuhan dan kebahagiaan sendiri.

Mereka bisa bertahan dan tetap semangat menjalani pekerjaan yang dibencinya, namun mereka mengorbankan emosi sebenarnya.

2INFJ

Resolusi INFJ: belajar lebih terbuka, mencurahkan isi hati dan pikiran, paling tidak sama orang-orang terpercaya.

INFJ adalah Introversion Intuition Feeling Judgement. Mereka sering disebut “the advocate”.

INFJ adalah tipe kepribadian yang sangat langka. Mereka tipikal makhluk misterius, bahkan di mata orang-orang terdekatnya. Mereka bisa merasakan luka orang lain, namun justru kesulitan mengungkapkan luka diri sendiri.

Tak heran kalau INFJ adalah langganan pasang muka ‘baik-baik saja’, padahal entahlah isiannya. Mereka ini mirip seperti ISFJ, yang pandai mengobservasi orang lain. Sayangnya, INFJ menganggap tidak ada orang yang memahami mereka, sehingga mereka memilih menutup diri atau mengenakan topeng. Padahal diam-diam mereka tersiksa juga dengan keadaannya.

Resolusi INTP: belajar mendengar/menyimak dan lebih terbuka terhadap sudut pandang orang lain, sekali pun hal tersebut tidak masuk akal bagi sang INTP.

Baca Juga :  Inilah Enam Lagu BLACKPINK yang Paling Laris Berdasarkan Penjualannya

3INTP

Resolusi INTP: belajar mendengar dan menyimak sudut pandang orang lain, sekali pun tidak selaras dengan akal sendiri.

INTP adalah Introversion Intuition Thinking Perception. Mereka sering disebut “the logician”.

Tipe kepribadian ini juga cukup langka. Sesuai namanya, mereka begitu logis dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Jika ada sesuatu yang tidak bisa diterima oleh akalnya, diam-diam INTP akan mengumpulkan argumen kuat untuk mematahkan sesuatu itu. Sekali pun terkait tradisi atau kepercayaan. Ya, INTP memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

INTP itu biasanya memiliki jiwa yang lembut. Namun mereka cukup kesulitan mengekspresikan emosinya. Mereka juga lebih mengedepankan akal.

INTP perlu belajar untuk lebih terbuka dan mendengarkan sudut pandang orang lain.

4INFP

Resolusi INFP: tidak perlu terlalu keras terhadap diri sendiri, khususnya ketika kenyataan hidup tidak sesuai ekspektasi.

INFP adalah Introversion Intuition Feeling Perception. Mereka sering disebut “the mediator”.

Ini dia sosok sang idealis, yang gemar melihat kebaikan dari apa pun atau siapa pun. INFP itu berhati besar dan sebisa mungkin merangkul semua kalangan. Mereka akan mengulurkan tangan ketika ada orang yang butuh, mereka siap menyeka air mata ketika ada yang menangis, bahkan ekspresi khawatir mereka sudah menggambarkan kepedulian besar.

Namun yang jadi masalah, mereka sering berkecil hati dan menyalahkan diri sendiri ketika jalan hidup tidak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, tak jarang INFP ini menyenangi dunia fiksi, di mana fantasinya bisa terwujud.

INFP ini merupakan kebalikan dari ISTP, yang hanya hidup di momen masa kini saja. Kalau INFP bisa menyentuh masa yang jauh ke depan. Mereka juga bisa mengambil langkah praktis untuk mendekati tujuannya.

Baca Juga :  Menebak Kepribadian dari 5 Meja Belajar atau Meja Kerja Seseorang

Lengkap sudah pembahasannya. Demikian, Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert INTJ, INFJ, INTP, dan INFP. #RD

SHARE