Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert ISTJ, ISFJ, ISTP, dan ISFP

0
SHARE
resolusi adalah, resolusi 2019, resolusi tahun baru, resolusi tahun baru introvert, resolusi ISTJ, resolusi ISTP, resolusi ISFJ, resolusi ISFP
Image via: newscult.com

Kamu bikin resolusi tahun baru, enggak?

Well, ada yang bikin dan dipublikasikan. Ada juga yang bikin dan diem-diem bae.

Mau di tim mana pun kamu, kehendak hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik memang wajar. Apalagi begitu memasuki momen tahun baru, yang identik dengan gelas kosong minta diisi.

Daftar resolusi seseorang pasti berbeda-beda, ya. Ada yang memprioritaskan kesehatan, kekayaan, status, dll. Termasuk juga bagi introvert.

Namun Jenn Granneman, sang founder IntrovertDear, membuat rumusan tentang rekomendasi resolusi tahun baru bagi introvert ala Myers-Briggs, yang akan membuat introvert tersebut naik level. Saya bagi menjadi 2 bagian. Ada resolusi introvert ISTJ-ISFJ-ISTP-ISFP dan ada resolusi introvert INTJ-INFJ-INTP-INFP.

1ISTJ

Resolusi ISTJ: tidak over sibuk sampai over lelah

ISTJ adalah Introversion Sensing Thinking Judgment. Mereka sering disebut “the logistician” alias sang ahli logistik.

ISTJ dikenal sebagai pribadi yang punya etos kerja tinggi. Mereka enggak bisa diam. Malah sering “merasa bersalah” kalau duduk santai enggak ngapa-ngapain. Tetapi ISTJ memang detail, fokus, dan cerdik mengelola hal-hal praktis.

Hanya saja, seringkali ISTJ ‘terlalu baik’, sehingga kerap mengerjakan tugas orang lain – yang bukan tanggung-jawabnya. Karena hal tersebut, ISTJ rawan dimanfaatkan dan lelah sendiri. Sebaiknya kamu lebih bijak, ya.

2ISFJ

Resolusi ISFJ: fokus pada kebutuhan dan keinginan sendiri, tidak terlalu terpengaruh oleh orang lain.

ISFJ adalah Introversion Sensing Feeling Judgment. Mereka sering disebut “the defender” alias sang pembela.

Introvert dikenal sebagai pemerhati ulung. Bisa dibilang, ISFJ menjadi sosok paling jeli soal ini. Biasanya ISFJ bisa merasakan mana senyum terpaksa, mana batuk pura-pura, atau mana penghormatan tulus.

ISFJ juga terkenal karena prinsip ‘membahagiakan orang lain akan membahagiakan diri sendiri’. Tentu sikap tersebut positif. Namun konflik terjadi ketika ISFJ terlalu sering mengabaikan kebutuhan dan keinginannya sendiri demi orang lain. Sehingga mereka terjebak dalam perasaan enggak enak dan tersiksa sendiri.

Baca Juga :  11 Hal yang Dibutuhkan Orang Introvert Agar Tetap Waras dan Bahagia

3ISTP

Resolusi ISTP: mencoba berhenti sejenak dan berbagi curahan hati dengan orang lain yang terpercaya.

ISTP adalah Introversion Sensing Thinking Perception. Mereka sering disebut “the virtuoso”.

Sosok ISTP biasanya tidak hidup di masa lalu dan tidak menggalaukan masa depan. Mereka menikmati momen masa kini, sehingga jarang melamun. Ya, agak berbeda dengan introvert kebanyakan.

ISTP lebih suka aksi nyata ketimbang kata-kata manis belaka. Namun di balik penampilan luarnya yang optimis, ISTP masih lemah untuk membuka diri dan menyampaikan perasaannya kepada orang lain. Unek-uneknya dipendam terus. Mungkin bingung, tidak tahu bagaimana melakukannya.

4ISFP

Resolusi ISFP: lebih percaya diri bahwa kamu memiliki potensi, khususnya dalam hal seni dan kreativitas.

ISFP adalah Introversion Sensing Feeling Perception. Mereka sering disebut “the adventurer”.

Figur seniman dalam dunia introvert ala Myres-Briggs jatuh pada ISFP. Seorang ISFP biasanya memiliki ketertarikan terhadap estetika atau berbagai aspek keindahan. Entah itu desain grafis, musik, sketsa, dll.

Sebagai introvert, ISFP juga tidak begitu mengagungkan ‘sorot perhatian orang lain’. Namun mereka berpotensi menjadi penampil panggung, pelukis, perancang, dll. Banyak ISFP yang belum sadar akan bakat dan kemampuannya. Kamu harus percaya diri,menggali potensi, dan mengeksplornya.

Sudah semua, ya. Demikian, Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Bagi Orang Introvert ISTJ, ISFJ, ISTP, dan ISFP. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.