Home » et cetera (etc.) » Artis Korea atau KPOP » Review Album Full Kim Taeyeon “My Voice” (Lengkap)

Review Album Full Kim Taeyeon “My Voice” (Lengkap)

Review Album Full Kim Taeyeon “My Voice” (Lengkap)

review lagu taeyeon, review album taeyeon my voice, review album my voice taeyeon bahasa Indonesia, review mv taeyeon, teori mv taeyeon, review mv kpop, review album kpop, taeyeon latest pict, taeyeon beautiful, taeyeon cool, taeyeon preview

Via: @TheSoneSource

Bisa dibilang, daku ini termasuk telat “mendeteksi” talenta dan kharisma Kim Taeyeon. Perhatianku baru tertuju secara serius setelah dia menelurkan album perdananya yang bertajuk “I”. Ya, ketika Tae Tae resmi menjadi penyanyi solo!

Sekadar mengingatkan, My Voice adalah album full perdana milik Kim Taeyeon. Album ini rilis pada 28 Februari 2017. Sebelum launching, dia memberikan track dan video klip “pemanasan” bertajuk “I Got Love”.

Kenapa sih Albumnya Bernama “My Voice”?

review album taeyeon lengkap, taeyeon my voice album review, cerita lagu taeyeon, makna mv taeyeon, taeyeon cute, taeyeon beautiful, review taeyeon bahasa Indonesia, taeyeon peace sign

By: 유마엔

Koreksi ya kalau salah. Tampaknya nama album Taeyeon diambil dari senjata utamanya sendiri, yakni… suara. Kita juga akan paham setelah mendengar seluruh tracks yang ada dalam albumnya. Betapa tidak, genre di dalam “My Voice” ternyata begitu kaya. Ada pop, rock, R&B, dsb. Nanti kita coba kupas di masing-masing lagu, ya.

Album ini berisi 12 lagu. Jika membeli dalam bentuk CD, maka kita akan diberi bonus track berjudul “Time Spent Walking through Memories”.

Prestasi Album “My Voice” – Kim Taeyeon

taeyeon fan sign, taeyeon fans, taeyeon black jacket, taeyeon smiles, taeyeon smiling, review album taeyeon lengkap, taeyeon my voice album review, cerita lagu taeyeon, makna mv taeyeon,

By: Likeafool

Secara komersial, album ini mendapat sambutan yang sangat baik. My Voice menduduki peringkat perdana di Gaon-nya Korea Selatan, serta peringkat kedua di tangga World Albums -nya Billboard Amerika. Dengan kata lain, Taeyeon sudah memecahkan rekor Taeyeon sendiri untuk mini album “I” dan “Why”.

Sebelum My Voice rilis, album fisiknya sudah dipesan sebanyak kurang-lebih 114k. Lalu di minggu perdana, My Voice terjual sekitar 86k. Sampai sejauh ini, siapa penyanyi solo Korea (perempuan) yang menjangkau angka penjualan fantastis tersebut? Dia pun mencetak sejarah penjualan album via Hanteo.

Prestasi secara kualitas? I don’t know, you tell me. Jawabannya bisa begitu subjektif. Tetapi silakan bisa diperhatikan sendiri bagaimana review warga internet alias netizen, pemerhati musik, penulis, atau para pendengar pada umumnya.

Review Singkat Semua Lagu di Dalam Album “My Voice” – Kim Taeyeon

Sebagai penyanyinya, tentu Kim Taeyeon sendiri yang menjadi sorotan. Mau albumnya drop atau bersinar (seperti sekarang), tetap namanya yang akan muncul ke permukaan. Tetapi tentu saja dia tak sendirian. Di balik performa apiknya, terdapat orang-orang hebat di belakangnya. Baik itu penulis lirik, komposer, sutradara MV, potografer, dan seluruh kru aka skuad Kim Taeyeon.

Padahal Tae Tae sendiri tak berperan dalam semua lagunya, tak seperti ketika melakoni proyek EP “I”, di mana ia juga turut menuliskan liriknya. Ketika ditanya soal ini dalam acara Sketchbook, Tae bilang dia enggak mau terlalu ekspresif dalam mengungkapkan perasaannya. Uh, ngeles. 😀

Baca Juga :  Daftar Artis Korea yang Masuk Dalam “100 Wajah Tertampan Di Dunia” Tahun 2015

Baiklah, kita coba bedah satu per satu , ya? Jom!

Lagu “Fine” – Kim Taeyeon

Durasi : 3:29

Penulis Lirik: Jin Ri

Music/ Komposer: Andrew Bazzi, Shaylen Carrol, MZMC, Kevin White, Michael Woods, Rice n’ Peas

Lagu “Fine” diawali dengan akustik folksy yang enak, lalu menjelma menjadi powerhouse-pop atau pop alternatif yang kuat nan emosional. Kagum juga ketika dia bisa menjangkau nada tinggi sampai melengking begitu. Nah, vokal unik disertai emosi ala Taeyeon memang maut. Cerita lagunya sendiri… what a twist! Judulnya sih “fine”, tapi Taeyeon menunjukkan sisi rapuhnya yang selama ini tersembunyi, yang ternyata “it’s not fine”. Daku sudah membahasnya di postingan khusus; Review Lagu “Fine” – Kim Taeyeon.

Lagu “Cover Up”  – Kim Taeyeon

Durasi: 3:26

Penulis Lirik: Realmeee

Musik/ Komposer: Caroline Ailin, Grades, Realmeee

Lagu “Cover Up” ini memang joget-able, sehingga kita bisa mengangguk-angguk atau mungkin ngedance ketika mendengarkannya. Orang menyebutnya sebagai lagu tropical house, electro-pop, atau juga disco. Lagu nge-beat ini sepertinya menceritakan tentang perasaannya terhadap seseorang, namun ia berusaha menutupi rasa itu. Semacam mencintai secara diam-diam begitu, ya.

Lagu “Feel So Fine” – Kim Taeyeon

Durasi: 3:39

Penulis Lirik: Moon Hye min

Musik/ Komposer: Daniel Durn, Johan Gustafsson, Moon Hye min, Fredrick Haggstam, Katrine Neya Klith, Sebastian Lundberg, Courtney Woolsey

Awalnya sih slow, tapi perlahan-lahan temponya meningkat dan cukup mengentak. Daku hanya tahu arti judulnya saja, tapi positive vibes-nya begitu terasa. Ah… daku suka, nih. Setelah cari tahu tentang makna keseluruhan liriknya, ternyata benar, lagu ini berisi aura yang membuat kita termotivasi, berani, dan percaya diri menghadapi sisi jeleknya dunia.

Lagu “I Got Love” – Kim Taeyeon

Durasi: 3:10

Penulis Lirik: Kenzie

Musik/ Komposer: Kenzie, Thomas Troelsen, Eyelar

Sama seperti “Fine”, daku juga sudah membuat postingan khusus tentang Review Lagu “I Got Love” – Kim Taeyeon. Dalam lagu mid-tempo atau yang memiliki ketukan sedang ini, suara Taeyeon terdengar “lain”. Konsepnya terkesan dark dan misterius. Nadanya juga seperti anti-mainstream dari kebanyakan lagu-lagu lain.

Lagu “I’m OK” – Kim Taeyeon

Durasi:  3:35

Penulis Lirik: Yorkie dan Ryu woo

Musik/ Komposer: Devine-Channel, Tyler Sharny, Diana Salvatore, Fabio BOI Angelini,

Secara lirik dan kisahnya, lagu ini mirip Fine, ya. Jadi Tae Tae ini mengungkapkan perasaan seseorang yang seolah “oke-oke saja”. Kalau Fine membahas momen pasca putus, tapi I’m OK ini menceritakan penderitaan seseorang yang menjalin hubungan, tapi partner-nya seperti tak memiliki perasaan yang sama. Dia pun memutuskan untuk move on dan fokus mengejar mimpi. Lagu yang memiliki sentuhan jazz ini punya efek yang mirip dengan I Feel So Fine, yang membuat kita tergerak melakukan sesuatu demi mengurangi beban diri, bukan malah larut dalam kegalauan tak menepi.

Baca Juga :  Review Lagu Make Me Love You – Kim Taeyeon

Lagu “Time Lapse” – Kim Taeyeon

Durasi:  4:15

Penulis Lirik: Kim Jong wan

Musik/ Komposer: Kim Jong wan, ZOOEY

Lagu ini yang berdurasi paling panjang ini memiliki sentuhan pop-rock dan power ballad yang emosional. Taeyeon seperti unjuk gigi kalau dia bisa menaklukan titik sulit dalam sebuah karya, yakni membangun emosi yang seperti tangga; dari bawah, ke tengah, lalu mencapai puncaknya. Kita akan mendengar, bagaimana nada tingginya bikin sebagian fans menganga dan mungkin merasakan sensasi goosebumps atau merinding, gitu. Kisah lagu ini tercermin dalam judul, tentang waktu yang melesat tanpa terasa. Tetapi upayanya untuk mengalihkan dan melupakan kenangan indah tidak terlaksana dengan mudah.

Lagu “Sweet Love” – Kim Taeyeon

Durasi: 3:04

Penulis Lirik: Kenzie

Musik/ Komposer: Racquelle Rahky Anteola, Kenzie, The Stereotypes (Ray Charles McCullough II, Jeremy Reeves, Ray Romulus, Jonathan Yip)

Sesuai judulnya, lagu pop dan R&B ini memang menguraikan betapa manisnya cinta. Tentang bagaimana jatuh cinta yang bisa bikin mabuk kepayang dan serasa melayang. Sweetness overload.

Lagu “When I was Young” – Kim Taeyeon

Durasi                          : 3:52

Lirik dan Musik         : Lee Joo hyoung

When I Was Young adalah lagu ballad Korea yang klasik. Tak mengejutkan kalau Taeyeon berhasil mengeksekusinya dengan gampang. Dalam lagu ini, dia seakan mengisahkan cinta yang sempat dijalani di masa muda.

Lagu “Lonely Night” – Kim Taeyeon

Durasi                          : 3:43

Lirik dan musik         : Kenzie

Ritme dalam lagu ini cukup nge-beat. Suara Taeyeon juga, seperti biasa, menonjolkan power yang tinggi. Namun isi lagunya, lagi dan lagi, menggambarkan dilema si penyanyi. Dia mengaku menderita karena malam-malamnya begitu sepi. Dia begitu bosan dengan keadaan itu, dan bertekad untuk melupakan kenangan apa pun dengan sang mantan. Tetapi di sisi lain, dia juga tak mengelak kalau keadaan tersebut membuat sedih dan kesepian.

Lagu “Love in Color” – Kim Taeyeon

Durasi                          : 2:58

Penulis Lirik               : Lee Yoon seol

Musi/ Komposer        : Myah Marie Langston, Krysta Youngs

Begitu mengklik “play”, denting piano menyambut kita. Tak aneh, lagu ballad semacam ini pasti dilumat habis oleh Taeyeon. Dia juga selalu berhasil mengalirkan emosi lagunya. Tentang seseorang yang dulu memiliki hari dan hati yang berwarna, namun kini semuanya memudar.

Baca Juga :  8 Artis Korea atau Kpop yang Memiliki Penghasilan Besar Sebagai Komposer Lagu

Lagu “Fire” – Kim Taeyeon

Durasi: 3:07

Penulis Lirik: JQ, Jo Mi yang

Musik/ Komposer: Bennett Armstrong, Justin Armstrong, Carah Faye, Myah Marie Langston

Arti judul lagunya adalah “api”, dan Taeyeon pun membawakannya dengan berapi-api, tetapi tidak langsung membesar. Perlahan saja, sampai kemudian membakar. Selain genre-nya memang ada di jalur pop-rock, Fire juga menjadi luapan kekecewaan pada seseorang yang sudah menaburkan janji, tapi kemudian malah mengingkarinya. Taeyeon pun mengibaratkan orang tersebut sebagai api, sosok yang sempat membuat hatinya kepincut dan hangat. Namun ia kemudian menghilang begitu saja, serupa seperti abu sisa dari pembakaran api, dan akibatnya dia jadi begitu sepi atau hampa.

Lagu “Eraser” – Kim Taeyeon

Durasi: 2:55

Penulis Lirik: Mafly dan Lee Seu ran

Musik/ Komposer: Felicia Barton, Sean Douglas, Dilion Pace,

Eraser menyajikan sisi rock dan badass-nya Taeyeon. Dalam lagu ini, dia seperti menegaskan suatu tekad atau niat untuk “menghapus seseorang”. Bagaimana pun hubungan yang mereka jalani terlalu berisiko. Tetapi sayangnya, dia sudah kepalang jatuh hati. Orang yang dicintainya pun “enggak tahu malu” dan terus-terusan nempel, membuat keadaan semakin sulit. Meski demikian, dia akan tetap mencoba mencari “penghapus” yang bisa menyelamatkan cidera parah di hatinya.

Bonus Track CD (Lagu Cover Band Nell)

Lagu “Time Spent Walking through Memories” – Kim Taeyeon

Penulis Lirik                : Kim Jong wan

Musik/ Komposer      : Hong So jin

Karena lagu ini, daku jadi mencari bagaimana versi Nell. Keduanya sama-sama bittersweet dan emosional. Tetapi kalau memboleh membandingkan, versi Nell terdengar lebih lembut, mellow, dan mendayu. Instrumen lagunya juga sepertinya lebih simpel. Tetapi Taeyeon mengubahnya sedikit, lebih harmonis dan tegas. Instrument-nya juga terasa lebih kaya dan kuat. Tetapi akan jadi tugas berat kalau kita harus memilih salah-satu. Dua versi ini memiliki spot unggul masing-masing.

~

Mayoritas lagu ini berisi “bayang-bayang masa lalu”, sekaligus hasrat untuk lari dari jalur itu. Meski temanya terkesan berputar “di situ-situ saja”, setidaknya Taeyeon berhasil mengekspos genre lagu yang “tidak itu-itu saja”. Mungkin dia memang lebih ingin menonjolkan kualitas suara juga dalam album yang bertajuk “My Voice” ini.

Intinya, daku merasa puas dan sangat mengapresiasi album full perdana yang mengesankan ini. Demikian, Review Album Full Kim Taeyeon “My Voice” (Lengkap). #RD

error: