Review Lagu dan MV “Not Today”- BTS

Review Lagu dan MV  “Not Today”- BTS

Chong! Jojun! Balsa!

~

Army atau bukan, daku yakin semua pihak sudah membantu peningkatan views video klip terbaru BTS. Sekitar 5 jam saja, mereka sudah menembus angka 5M views. Kenyataan kalau Hari Senin itu harus pagi-pagi masuk sekolah ternyata tak menghalangi niat untuk streaming dan memberi dukungan penuh pada Namjoon Cs, ya? 😀

Sebenarnya hari ini Youtube kedatangan music video terbaru dari boyband dan girlband yang sedang naik daun di Korea. Kompakan. Ada Twice dengan knock-knock, dan ada BTS atau Bangtan Boys dengan not today. Well, daku menjatuhkan pilihan pada lagu ini untuk di-review, ya. Too hot, soalnya.

Sebelum lebih jauh, kita ulas lirik dan terjemahannya dulu, ya. Jom!

Lirik Lagu “Not Today” – BTS (Romanization Korea)

Terjemahan Lagu “Not Today” – BTS

Makna Lagu dan Review Video Klip/ Music Video (MV) “Not Today” – BTS

Begitu ngklik play, video klip ini tampak menyajikan plot mundur. Kita tiba-tiba menyaksikan member Bangtan Boys dengan pasukan ninjanya. Mereka berlari bersama ke tujuan yang sama. Dan, senang sekali ya setting MV-nya itu enggak di ruangan atau sebuah kotak-kotak tertentu.

Mendadak terdengar suara tembakan. Ada yang menyerang! Para member dan pasukan pun jatuh bergelimpangan. Sementara sang maknae, Jungkook, harus menyaksikan pemandangan tragis itu. Dia sangat kaget. Apalagi kita yang menontonnya, Kookie!

~~~

Cerita sesungguhnya dimulai. Rap Monster memberi seruan pada para underdogs. Kalau diartikan secara harfiah mahunderdog itu artinya di bawah anjing. Tetapi makna sesungguhnya yaitu sebutan buat orang atau tim yang disepelekan, tak diunggulkan, tertindas, atau direndahkan oleh orang-orang karena mereka bukan pilihan favorit atau tak berasal dari kelompok yang besar.

Baca Juga :  Daftar Artis Korea atau Kpop dengan Masa Training Terlama dan Tercepat Sebelum Debut

Daku tak tahu, maafkan kalau salah, tapi daku jadi ingat pada BTS dan para fansnya itu sendiri (Army). Well, mereka tidak berasal dari agensi musik raksasa Korea. Mereka juga masih menerima hujatan karena dianggap kalau popularitasnya hanya bersifat sementara. Banyak kritik menjatuhkan juga yang bisa membuat mereka lemah. Haters di mana-mana.

Tetapi Suga Cs memberikan perlawanan kalau serangan haters tak akan menjatuhkan mereka, tidak untuk hari ini. Not today. Uh, daku jadi ingat pelajaran Bahasa Inggris. Ada yang namanya time atau temporal deixis, atau semacam ekspresi yang menunjukkan waktu, namun kita tak tahu pasti waktu itu kapan. Contohnya today alias hari ini. Maksudnya kapan? Kita tak tahu.

Tetapi yang kita tahu, BTS dan para Army-nya tak akan menyerah dan terjatuh hari ini. Memang, segala sesuatu itu pasti ada masa layunya, masa melempemnya, dan juga ada akhirnya. Tapi untuk hari ini setidaknya mereka akan fight, melawan, dan berjuang dengan caranya sendiri.

Di bagian ini, Jungkook-Taehyun-Jimin menyanyikan lirik yang sangat memotivasi;

Kalau enggak bisa terbang, ya lari. Kalau enggak bisa lari, ya jalan. Kalau enggak bisa jalan, ya merangkak. Pokoknya kita harus bertahan. Tetap siap siaga untuk fokus pada tujuan, membidiknya, dan menggapainya.

Chong! Jojun! Balsa!

Namjoon berada di antara dan pasukan ninja yang membelakanginya. Dia menyampaikan lirik yang intinya berisi tekad kuat Bangtan Boys untuk tetap berkarya, menghibur fans, sekaligus meraih prestasi. Apalagi mereka sedang dalam momen emas.

Tiap kali BTS merilis karya, tangga lagu langsung terguncang. Karyanya selalu laris-manis. Popularitasnya makin meroket. Nama mereka semakin harum. Pokoknya mereka sedang mabuk kesuksesan. Tapi mereka sendiri tak bisa mengendalikan semua itu. Bisa dibilang, semua itu adalah “efek samping” atau bonus dari kegigihan mereka dalam berkarya.

Baca Juga :  Artis Korea Tanpa Make Up? Siapa yang Paling Cantik, ya?

Cibiran dan hujatan selalu datang. Tapi J Hope Cs meyakinkan kalau mereka tak bisa digagalkan atau dijatuhkan begitu saja. Apalagi mereka adalah tim yang solid, saling percaya, dan masih bersama. Semua itu jadi kekuatan yang bisa menyerang balik semua serangan dari luar.

Lanjut, ya..!

Perjalanan karier mereka tak mudah. Mereka terus berlari dalam perjuangan dan kompetisi yang ketat. Namun mereka akan selalu ingat akan makna dari nama BTS alias Bangtan Boys itu sendiri. Mereka adalah sosok yang “anti-peluru”. Para musuh akan terus menembak, tetapi mereka akan tetap kebal dan lanjut berkarya.

Selain itu, mereka juga memiliki kekuatan super besar lain. Yakni kebersamaan dengan semua member dan para Army yang selalu mengiringi perjalanan karier. Di saat suka atau pun duka, kebersamaan semua unsur itu menjadi senjata sekaligus pertahanan yang tak bisa ditembus dengan mudah.

Ngomong-ngomong, daku sempat tertegun dengan slow motion Jin ketika berlari. Apa dia sedang memikirkan part-nya yang sangat sedikit? Hehe… intinya, ekspresi seriusnya itu… uuunch!

BTS seolah-olah memberi dorongan kepada para underdogs lain untuk berjuang seperti mereka. Fokus pada mimpi sendiri dan kebal akan serangan-serangan. Kita bisa merasa lelah, sakit, dan menangis. Tak apa. Wajar. Asal jangan sampai angkat tangan. Atau dengan kata lain; menyerah.

Di tengah jalan perjuangan, cobaan dan rintangan selalu hadir dalam berbagai bentuk. Di momen ini, alurnya kembali menyajikan adegan di mana Jungkook tengah berlari sekuat tenaga. Dia lalu dikejutkan dengan suara tembakan bertubi-tubi.

Begitu menengok ke belakangan. Pemandangan menyayat harus ia saksikan. Rekan-rekan seperjuangannya tersungkur karena tembakan. Mereka bergelimpangan.

Tetapi kita harus “melihat” dengan cara yang berbeda. Anggap semua masalah dan serangan itu sebagai sesuatu yang bisa mempersatukan dan menguatkan.

Baca Juga :  Review Album Full Kim Taeyeon “My Voice” (Lengkap)

Chong! Jojun! Balsa! kembali digemakan oleh Jimin Cs. Demikian juga dengan para ninja, yang menjadi gambaran underdogs lainnya.

Endingnya menyentuh, ya. Member BTS bersatu-padu menjadi garda terdepan untuk melindungi para laskar pejuang.

Chong Jojun Balsa jungkook, bts strong, bts united, review video klip not today bts, review mv, review mv not today bts, cerita mv not today bts, makna mv not today bts, ending mv not today bts

~~~

Wew! Durasi sekitar 4 menit lebih tak begitu terasa, ya. Soalnya benar-benar menikmati apa yang tersaji. Lirik, musik, dan MV berpadu dengan baik. Kita jadi ikut bermental kukuh dan gigih.

Intinya karya terbaru BTS ini patut mendapat apresiasi lebih, ya. Demikian juga dengan kru Big Hit, figur behind the scene yang menjadi pahlawan bagi karya BTS yang semakin hari hari berkualitas dan menawan. Demikian, Review Lagu dan MV  “Not Today”- BTS. #RD

Cr;

Cuplikan Video: ‏@BTS__chocolate

Lirik dan terjemahan: Colorcodedlyrics, Facebook Nekonyaaan, ayuikadhanny.blogspot.com [edited]

You May Also Like