Review Lagu dan MV “Not Today”- BTS

0
SHARE

Makna Lagu dan Review Video Klip/ Music Video (MV) “Not Today” – BTS

Begitu ngklik play, video klip ini tampak menyajikan plot mundur. Kita tiba-tiba menyaksikan member Bangtan Boys dengan pasukan ninjanya. Mereka berlari bersama ke tujuan yang sama. Dan, senang sekali ya setting MV-nya itu enggak di ruangan atau sebuah kotak-kotak tertentu.

Mendadak terdengar suara tembakan. Ada yang menyerang! Para member dan pasukan pun jatuh bergelimpangan. Sementara sang maknae, Jungkook, harus menyaksikan pemandangan tragis itu. Dia sangat kaget. Apalagi kita yang menontonnya, Kookie!

~~~

Cerita sesungguhnya dimulai. Rap Monster memberi seruan pada para underdogs. Kalau diartikan secara harfiah mahunderdog itu artinya di bawah anjing. Tetapi makna sesungguhnya yaitu sebutan buat orang atau tim yang disepelekan, tak diunggulkan, tertindas, atau direndahkan oleh orang-orang karena mereka bukan pilihan favorit atau tak berasal dari kelompok yang besar.

Daku tak tahu, maafkan kalau salah, tapi daku jadi ingat pada BTS dan para fansnya itu sendiri (Army). Well, mereka tidak berasal dari agensi musik raksasa Korea. Mereka juga masih menerima hujatan karena dianggap kalau popularitasnya hanya bersifat sementara. Banyak kritik menjatuhkan juga yang bisa membuat mereka lemah. Haters di mana-mana.

Tetapi Suga Cs memberikan perlawanan kalau serangan haters tak akan menjatuhkan mereka, tidak untuk hari ini. Not today. Uh, daku jadi ingat pelajaran Bahasa Inggris. Ada yang namanya time atau temporal deixis, atau semacam ekspresi yang menunjukkan waktu, namun kita tak tahu pasti waktu itu kapan. Contohnya today alias hari ini. Maksudnya kapan? Kita tak tahu.

Tetapi yang kita tahu, BTS dan para Army-nya tak akan menyerah dan terjatuh hari ini. Memang, segala sesuatu itu pasti ada masa layunya, masa melempemnya, dan juga ada akhirnya. Tapi untuk hari ini setidaknya mereka akan fight, melawan, dan berjuang dengan caranya sendiri.

Baca Juga :  7 Artis Korea Perempuan dengan Fans Fanatik Terbanyak

Di bagian ini, Jungkook-Taehyun-Jimin menyanyikan lirik yang sangat memotivasi;

Kalau enggak bisa terbang, ya lari. Kalau enggak bisa lari, ya jalan. Kalau enggak bisa jalan, ya merangkak. Pokoknya kita harus bertahan. Tetap siap siaga untuk fokus pada tujuan, membidiknya, dan menggapainya.

Chong! Jojun! Balsa!

Namjoon berada di antara dan pasukan ninja yang membelakanginya. Dia menyampaikan lirik yang intinya berisi tekad kuat Bangtan Boys untuk tetap berkarya, menghibur fans, sekaligus meraih prestasi. Apalagi mereka sedang dalam momen emas.

Tiap kali BTS merilis karya, tangga lagu langsung terguncang. Karyanya selalu laris-manis. Popularitasnya makin meroket. Nama mereka semakin harum. Pokoknya mereka sedang mabuk kesuksesan. Tapi mereka sendiri tak bisa mengendalikan semua itu. Bisa dibilang, semua itu adalah “efek samping” atau bonus dari kegigihan mereka dalam berkarya.

Cibiran dan hujatan selalu datang. Tapi J Hope Cs meyakinkan kalau mereka tak bisa digagalkan atau dijatuhkan begitu saja. Apalagi mereka adalah tim yang solid, saling percaya, dan masih bersama. Semua itu jadi kekuatan yang bisa menyerang balik semua serangan dari luar.

Lanjut, ya..!

1
2
3
SHARE