Review Lagu “Why” – Kim Taeyeon

2
SHARE

Makna dan Review Lagu “Why” – Kim Taeyeon

taeyeon, taeyeon why, makna lagu why taeyeon, review why taeyeon, review mv why taeyeon

Sebagaimana kita tahu, banyak sekali teori tentang MV “Why”-nya Kim Taeyeon. Ada yang bilang Taeyeon itu alien, dari planet asing, makhluk immortal, anak kecil yang hilang 😀 dsb. Well, namanya juga karya seni. Interpretasinya bisa berbeda, silakan saja. Justeru salah-satu “keberhasilan karya” itu ditandai dengan banyaknya penafsiran. Hal itu menandakan kalau penggarapannya memang enggak polos, bikin para penikmati jadi berpikir dan lebih menganalisis detailnya.

Karena itu, maafkan juga kalau makna yang daku tangkap berbeda dari yang lain, ya. Hehehe…

Yang jelas, ternyata dugaan kita benar. “Starlight” yang feat. DEAN sama “Why” itu masih berkaitan satu-sama lain. Daku pun akan sedikit flashback, ya. Alurnya maju-mundur-maju cantik, sih. 😀

makna dan review lagu why 1 a melangkah pergi

Nah kita mulai dari endingnya “Starlight”, di mana Tae melangkah pergi dari New York, tempat di mana ia bertubrukan dengan DEAN. Masih ingat dengan pager atau beeper pink yang bertuliskan “Miss Me”? Rupanya alat tersebut berguna untuk menyampaikan pesan penting agar si penerima (Taeyeon) menelepon , sebab alat tersebut tak bisa membalas pesannya. Tae pun menelepon via fasilitas umum yang ada.

beeper

Yang mengirim pesan via beeper itu adalah “MJ7”, yang nampaknya dari tempat jauh. Nanti kita bahas lebih lanjut. Nah, usai menerima pesan singkat dari “MJ7” itu, Tae pergi meninggalkan Dean yang ada di New York. Maksudnya Dean yang ini:

dean 2

dean

Scene “Why” ini sendiri dimulai dengan Tae yang terlihat lebih santai, dan menerima pesan singkat. Dilihat dari lokasinya, ia nampak tengah berada di area Pantai Venice, Los Angeles, California. Lagi-lagi, alat yang dipakai bukanlah ponsel atau smartphone. Perangkat tersebut mirip kunci kombinasi. Namun pesannya sendiri amat singkat, yakni; w h y?

makna dan review lagu why 1 why adalah pertanyaan dari dean

makna dan review lagu why 1 awal

“Why” menjadi pesan singkat sekaligus pertanyaan DEAN di New York. Pastinya dia bingung. Baru saja ketemu dan merasa klik, tapi Tae pergi gitu saja pasca membaca pesan singkat “Miss Me” dari si “MJ7”.

Baca Juga :  Daftar Nama Fansclub Grup Kpop, Duo, Solo dan Aktor-Aktris Korea (Lengkap)

Tae pun siap menceritakan apa yang terjadi sebenarnya.

Scene kembali pada masa kini, di mana Tae mengendarai mobil. Ia akan menempuh perjalanan darat yang jauh, yang daku duga dari lokasi “MJ7” yang ada di Los Angeles – California menuju New York. Lho, kok? Nanti kita bahas, ya.

makna dan review lagu why 1 tae menuju suatu tempat

Destinasinya yaitu ke tempat Dean (lagi) yang ada di New York. Maksudnya Tae mau kembali, tapi sebelum itu, dia menceritakan dulu apa yang sudah dilaluinya di tempat Si MJ7. Nampak sekali Tae memancarkan senyum. Kalung safir biru pun nampak digantung, mungkin menandakan tempat tujuannya, yakni Dean. Dia menggunakan mata angin dan kompas sebagai penunjuk jalannya. Kalau searching sih, jarak LA ke NY itu sekitar 4000km. Meski sudah ada kapal terbang, tapi Tae tetap memilih jalan darat. Hadeuh…

Mungkin kepribadian Tae memang begitu; nekad dan sedikit membangkang. Buktinya ketika melihat kolam dengan peringatan: “air dangkal dilarang menyelam” (nanti kejedot), eh Tae tetap memaksakan. Tetapi… siapa sangka, keunikan itu yang membuat Tae bisa merasakan kebahagiaan versi sendiri.

review lagu why taeyeon 3 tae tetap nyelam

makna dan review lagu why 3 maksain nyelam

Maksudnya begini, umumnya ‘kan orang itu kalau kehilangan yang terkasih suka baper dan larut dalam kesedihan dalam waktu yang sangat lama. Well kalau Tae sedikit lain. Kekasih atau mungkin mantannya yang ada di LA sudah pergi. Kebetulan wajahnya mirip DEAN di NY. Demikian juga dengan cincin batu safirnya. Semua sama.

Untuk beberapa saat ia memang hancur. Namun hidup kemudian memapahnya pada banyak hal lain, yang bisa jadi pelipur laranya. Banyak kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang sering kita abaikan perannya. Katakanlah rasa bahagia karena bisa berenang, bisa makan es krim, bisa bermain busa, bisa travelling, bisa kenal dengan orang-orang baru, dsb.

Baca Juga :  Artis Korea yang Lahir pada Bulan Februari (Lengkap)

Bagi Tae, hidup harus “moving on”.

Tapi di Los Angeles itu, ia flashback lagi dengan melakukan hal-hal yang suka dilakukan bersama pasangannya. Apa yang mereka lakukan biasanya membawa kebahagiaan tersendiri. Tae kemudian menuliskan agendanya pada tembok tak berdosa, entah rumah milik siapa. Ini dia:

makna dan review lagu why 4 list to do

Kalau kita lihat ada 5 kenangan atau misi yang Tae susun; “fish” bisa berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan air atau renang, “dog” itu entah beli/ ngerjain pedagang hot dog atau gimana, “bubble” main gelembung atau busa sabun, “slide” itu bermain yang menggeluyur gitu alias skateboarding, terus “wind” bermain angin atau sekadar angin-anginan di ruang terbuka bebas sebebas main ayunan atau berlarian di area pantai yang luas.

makna dan review lagu why 3 maksain nyelam 2

taeyeon hotdog

makna dan review lagu why 8 bermain busa

makna dan review lagu why 7

makna dan review lagu why 5 makan es krim

makna dan review lagu why 6 ayunan kosong

Selanjutnya kita lihat scene-nya menunjukkan Tae yang bermain smoke bomb atau semacam asap warna-warni di suatu petang. Ekspresinya pun tak terlalu ceria. Hal itu dikarenakan asap tersebut terbawa arah angin, yang menjadi simbol kalau kalau dia musti rela melepas mantan kekasihnya yang sudah “kembali ke pemiliknya”. Ya, DEAN versi LA nampaknya memang sudah tiada ketika Tae nyusul ke sana.

makna dan review lagu why 8 wind 2

makna dan review lagu why 8 wind

makna dan review lagu why 9

Di scene lain, Tae memainkan kembang api. Biasanya kembang api identik dengan tahun baru atau perayaan. Momen ini menandakan kalau Tae sebenarnya sudah menemukan cahaya atau tambatan hati yang baru, “starlight” yang akan mensukseskan misi move on-nya. Iya, dialah DEAN  versi New York, yang sempat Tae tarik tangannya, lalu dibawa lari. Bisa kita perhatikan headphone-nya, ya. Sama!

makna dan review lagu why 9 headphone

dean

makna dan review lagu why 9 kembang api

Kita kembali lagi ke scene, di mana Tae menerima pesan “Why”. Rupanya ada gulungan kertas pink di dalamnya. Tulisannya “Miss Me”, yang datang dari DEAN versi New York. Tae tersenyum lantaran dia tahu kalau DEAN juga merasakan hal yang sama dengannya. Tae bahkan menuliskan “Love Me” di jarinya, berharap DEAN di NY bisa memberikan cinta seperti DEAN di LA.

Baca Juga :  Artis Korea yang Lahir pada Bulan Oktober (Lengkap)

makna dan review lagu why 10 pesan miss me

makna dan review lagu why 10 senyum setelah menerima pesan miss me

tae love me

Di ending MV, kita dibawa pada scene yang heartbreaking. Ada karangan bunga, yang menjadi monumen makam milik dari DEAN LA. Tetapi tidak ada jaminan kalau itu merupakan makam aslinya. Mungkin Tae hanya menganggap kalau spot itu begitu memorable, mungkin juga di sana sudah terjadi kecelakaan atau insiden yang menyebabkan mantan kekasihnya meninggal.

makna dan review lagu why 11 monumen kematian

Tae pun “melunasi misinya” di LA. Dia sudah bersedih, flashback, dan men-distract diri dengan segala sesuatu yang biasanya membuat dia bahagia. Tapi sekarang keadaan sudah berubah. Dia akan bermain skate board, duduk di ayunan, bermain di pantai, dsb, sendirian. Semua itu bisa memicu kesedihan lagi.

makna dan review lagu why 15 kenangan headphone
makna dan review lagu why 15 kenangan 1

makna dan review lagu why 15 kenangan 2

makna dan review lagu why 15 kenangan 4

makna dan review lagu why 15 dean

Bagaimanapun, kenangan indah yang sudah berlalu justeru akan berubah jadi ingatan yang menyesakkan. Ttokgateun punggyeongeun, jeoldae boiji anha… pemandangan yang sama tak akan pernah terlihat lagiApalagi orangnya sendiri sudah tiada?!

Tae meletakkan berbagai poto yang sudah dijepretnya bersama Dean LA. Gesture itu menjadi simbol kalau Tae sudah merelakan kepergiaannya, dan hanya akan menyimpan kenangan mereka dalam hati saja. Dia sangat bersyukur bisa melalui itu semua bersama Dean LA.

makna dan review lagu why 12 meletakkan sesuatu

makna dan review lagu why 13 poto2 kenangan

Tae balik badan. Dan di sinilah, dia lagi-lagi menunjukkan sisi unik sekaligus gilanya. Tae ngemut lollipop, menandakan kalau dia menjemput sisi manis dari hidup. Bukan justeru terus larut pada takdir pahit yang menimpanya.

makna dan review lagu why 14 ngemut lolipop

Tae melangkah dan bersiap-siap kembali ke pelukan Dean di New York. Dia rasa bisa kembali membuka hati dan jatuh pada sosok Dean. Tae rasa… jigeum tteonandamyeon, good good good yeahmannage doel modeun geon, great great yeah! Dia dan hatinya akan berusaha untuk lebih baik.

Review Lagu “Why” – Kim Taeyeon

~

next-page-RD-300x100-1

1
2
3
SHARE

2 COMMENTS

  1. thanks for the informations , now i knew what is the meaning of these mv . So sad to know that her bf ( dean LA ) was dead . I didn’t know that there are two guys of DEAN LOS ANGELES and DEAN NEW YORK . waaaahhh sure so daebak story ?

    • Are u Indonesian? Well, that’s just my POV though. It could be wrong or different with the others. But thank you for spending ur time here. Thank u. ^_^

Comments are closed.