Selain Program Kerja, Berikut 14 Hal yang Biasa Terjadi Ketika Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2
SHARE

#8. KKN Berhantu/ Horor

Entahlah, hal-hal mistis seakan tak terlepas dari KKN. Apalagi kalau memasuki Malam Jumat pertama. Mayoritas kegiatan KKN menghadirkan cerita horor, kejadian janggal, suara aneh, peserta yang kesurupan, dll. Tetapi kejadian-kejadian semacam ini kerapkali sukses membuat kita lebih waspada, “eling”, dan religius.

#9. Nyasar dan Tanya-tanya Warga

Fenomena ini semestinya bisa dikurangi, sebab kita sudah dibantu dengan teknologi. Tetapi keadaan di lapangan kadang berlainan, sehingga nyasar pun jadi tak terhindarkan. Namun keadaan ini memberi hikmah tersendiri. Kita jadi sering bertanya-tanya ke warga, dan siapa tahu jadi menambah keakraban.

#10. Kasus atau Skandal

Kelompok KKN berisi oleh sekumpulan mahasiswa manusia biasa. Meski dikenal sebagai makhluk berpendidikan, tetapi kadangkala ada saja khilaf atau kesalahan yang dibuat. Hal ini malah bisa mengusik hubungan dengan warga desa, dan tentu memengaruhi jalannya program KKN. Tetapi semoga saja kelompok KKN-mu enggak, ya. Jangan sampai kita selalu bersembunyi dan mencari pembelaan pada kata-kata “tak ada manusia yang sempurna”.

#11. Inspeksi Mendadak (Sidak) Dosen Pembimbing

Keadaan yang tenang bisa berubah kalang-kabut begitu warta kedatangan dosen pembimbing menyeruak ke permukaan. Tetapi biasanya memang begitu. Para dosen tak akan memberitahu, dan mendatangi lokasi KKN secara tiba-tiba. Kalau yang sedang melaksanakan program kerjanya mungkin bisa menjalani aktivitas dengan kalem. Tetapi kalau yang sedang santai atau main, jelas kabar ini akan menyulap mereka jadi sosok-sosok yang super sibuk.

#12. Kunjungan Keluarga

Selama KKN, otomatis kita akan terpisah sementara waktu dengan orang-orang rumah. Satu per satu dari teman-teman KKN menyambut kunjungan keluarga mereka. Daku sih senang saja, sebab biasanya kecipratan buah tangan mereka. Umumnya berupa cemilan, makanan, atau minuman yang memang mulai memerlukan persediaan.

Baca Juga :  101 Alasan Kenapa Mesti Menulis Diary

#13. Spot Selfie

Umumnya, kita menempati lokasi KKN di area yang cukup jauh dari tempat tinggal. Kalau sudah berpisah, kemungkinan besar kita akan jarang atau bisa jadi tak akan kembali lagi. Itu artinya, kita harus menjepret momen sebanyak dan seberkesan mungkin. Selain menjadi mahasiswa yang baik dan benar, kita juga disarankan untuk mengabadikan semuanya via gambar atau video. Asalkan aktivitas tersebut tidak merusak momen, ya.

Usahakan untuk berpoto selfie, poto dengan kawan-kawan KKN, warga sekitar, lokasi-lokasi tertentu selama KKN, ikon desa, atau mungkin objek wisata yang ada di sana. Kita bisa mempersiapkan smartphone atau kamera khusus yang bisa mendukung misi ini. Jadi kalau susah sinyal, hikmahnya kita bisa menikmati momen secara khidmat, tak perlu terganggu oleh posting atau update sana-sini.

#14. Laporan

Sewaktu KKN, rekanku memberi aba-aba untuk selalu mendokumentasikan dan “mengamankan” apa pun. Misalnya poto-poto atau data-data kegiatan. Saran tersebut nyatanya begitu keren, sebab ketika tiba waktu pembuatan Laporan Individu Kuliah Kerja Nyata (KKN) , semua yang diamankan itu bisa begitu bermanfaat. Khususnya dalam bab-bab krusial seperti pelaksanaan program kerja dan jurnal kegiatan harian peserta KKN.

Apa lagi, ya? Rasa-rasanya masih banyak, deh. KKN juga tak akan lepas dari kegiatan perpisahannya kelak, kenangan-kenangan untuk desanya, atau inovasi apa yang bisa diwariskan pada warganya. Intinya, KKN memang kerap meninggalkan kisah yang seru, serius, misterius, gila, dsb. Demikian, Selain Program Kerja, Berikut 14 Hal yang Biasa Terjadi Ketika Kuliah Kerja Nyata (KKN). #RD

1
2
SHARE

2 COMMENTS

Comments are closed.