Susunan Rencana Perjalanan: Kuliner ke 4 Warung Bakso di Malang

0
SHARE
malang, malang jawa timur, malang wisata, tiket pesawat ke malang, tiket pesawat ke malang dari jakarta, tiket pesawat ke malang pegipegi, pegipegiyuk
Image via: IG @riednum (cropped)

Malang adalah pilihan teratas untuk dikunjungi ketika jalan-jalan ke Jawa Timur.

Setidaknya itulah pernyataan hati saya dan kakak, beserta keluarganya. Meski jaraknya jauh dan memakan waktu tempuh, namun menurut kami sepertinya akan sepadan. Kalau kata para Vloggers/Youtubers sih worth it . Hehehe.

Semacam Rencana Itinerary Malang

Membuat itinerary atau rencana rute/perjalanan, sebaiknya memang detail, ya. Sehingga sampai saat ini, saya masih searching dari berbagai sumber. Termasuk ngobrol-ngobrol dengan orang Malangnya.

Malang bisa menjadi paket lengkap sebuah perjalanan santai. Kota tersebut menawarkan petualangan, keindahan alam, kuliner, dan kebudayaan.

Kok tahu? Nah, sesekali kepoin orang-orang yang sudah berkunjung ke Malang. Siapa yang enggak mupeng dan terpanggil, coba? Hahaha

Kalau fokus ke kuliner Malang, saya jadi ingat bakso Malang. Saya pengin menjelajahi tempat-tempat ngebakso di Malang yang selalu eksis di jagat media sosial, yaitu:

1Bakso President Malang

Image via: Instagram @anwarsubari

Kedai bakso ini memang sudah eksis di mana-mana. Namun tetap saja, cikal-bakalnya dari Malang. Konon pendirinya sempat jualan bakso keliling sejak tahun 1977. Barulah pada tahun 1990, bakso ini menempati kios yang ada di belakang gedung bioskop President.

Lokasinya sendiri ada di pinggir rel kereta api. Tepatnya di Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang. Tempat yang populer ini buka dari 08.00–21.30 WIB.

Kabarnya sih tersedia aneka bakso. Mulai dari bakso biasa, bakso telur, bakso tulang muda, bakso udang goreng, bakso bakar, dll. Dari hasil penelusuran, harga baksonya bervariasi. Mulai dari 12k sampai 30k lebih – tergantung menu atau paketnya.

2Bakso Pak Dukut

Persis seperti Bakso President, dulu pada tahun 1973-an, Pak Dukut juga jualan keliling. Lalu pada tahun 2006, usaha baksonya mendapat ‘rumah’ di Jalan Suropati 34, Kecamatan Klojen, Malang. Cukup dekat dengan Tugu alias pusat kota. Katanya sih suka buka dari jam 11 siang sampai 5 sore saja. Kadang tutup lebih cepat karena kehabisan.

Baca Juga :  Sudah Tahun Baru 2018, Enggak Kepikiran untuk Menjadi Egois, Gitu?

3Bakso Bakar Bu Kaji

Selain Bakso Pak Dukut, di Klojen juga ada Bakso Bu Kaji yang cukup legendaris. Tempat bakso ini sudah berjualan produk olahan daging, daging sapi segar, dan bumbu masak sejak tahun 1956. Kabarnya hotel-hotel berbintang pun menjadi deretan pelanggan setia kios daging mereka.

Tempatnya pun tidak pernah sepi pembeli. Apalagi mereka menggoda konsumen dengan tagline ‘lebih gede, lebih ndaging’. Satu porsi bakso dihargai kisaran 10-15k (2018). Warung bakso ini buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

4Bakso Legend

Masih di Kecamatan Klojen. Tepatnya di Jalan KH Hasyim Ashari No 30A, Kauman. Varian baksonya menggoda. Ada bakso isi keju, isi seafood, bakso mozarella, bakso kasar, bakso pedas, dll. Bukanya dari jam 12 siang sampai jam 9 malam. Harga bakso mangkuk (2018) Rp13.500. Entahlah kalau sekarang, mungkin naik sedikit, ya.

Pasti masih banyak lagi spot ngebakso yang wajib dicicipi di Malang. Tapi sudahlah, menuliskannya juga sudah bikin ngiler. Saya perlu searching lagi, sekaligus menghitung-hitung yang lokasinya cukup berdekatan, gitu. Hehehe. Nanti saya tentukan menjelang hari H, deh.

Namun ada beberapa poin penting yang mesti ditentukan dari jauh-jauh hari, yaitu:

  • Tempat pemberangkatan: Jakarta
  • Destinasi tujuan: Malang
  • Tujuan: hiburan/plesiran/jalan-jalan
  • Waktu keberangkatan: 30/31 Juli 2019?
  • Durasi: 3-5 harian
  • Transportasi utama yang akan digunakan: pesawat atau kereta?

Semua poin ini akan berpengaruh terhadap rencana-rencana yang lebih rinci, seperti:

  • Bujet/dana
  • Perbekalan pakaian
  • Daftar spot tempat yang hendak dikunjungi beserta informasi lengkapnya
  • Daftar kegiatan yang jelas
  • Tempat penginapan yang pas: lokasinya strategis, sesuai bujet, syukur-syukur kalau plus
  • Anggaran lain-lain, seperti membeli oleh-oleh

Sejauh ini, saya lebih condong untuk traveling menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Malang. Oleh karena itu, saya masih sibuk searching tentang tiket pesawat ke Malang. Namun untuk online travel agent-­nya, saya sudah mantap untuk menggunakan Pegipegi. Saya pun ngepoin produk tiket mereka.

Baca Juga :  Apa Jadinya Jika Kita Sudah Mengetahui Tanggal dan Waktu Kematian Sendiri?

Ngomong-ngomong, langkah-langkah pemesanan tiket via Pegipegi mudah, kok!

tiket pesawat jakarta malang, tiket pesawat jakarta ke malang, tiket pesawat jakarta malang pp, tiket pesawat jakarta malang pulang pergi, tiket pesawat jakarta malang pegipegi, tiket pesawat jakarta malang murah

Langkah 1, cari penerbangan dulu di pegipegi.com. Contohnya penerbangan dari Jakarta ke Malang. Lalu isi datang pulang/pergi dan penumpangnya (dewasa berapa, anak berapa, bayi berapa). Langkah 2, memilih penerbangan. Mau pakai maskapai apa, mau berangkat jam berapa, mau datang jam berapa, mau berapa lama durasinya, mau apa fasilitasnya, dan mau berapa harganya. Kalau sudah cocok, tinggal klik “Pesan Tiket”.

pesan tiket pesawat jakarta malang, tiket pesawat jakarta malang, tiket pesawat jakarta ke malang, tiket pesawat jakarta malang pp, tiket pesawat jakarta malang pergi, tiket pesawat jakarta malang pegipegi,

Lalu …

pesan tiket pesawat jakarta malang, harga tiket pesawat jakarta malang, tiket pesawat jakarta ke malang, tiket pesawat jakarta malang pp, tiket pesawat jakarta malang pergi, tiket pesawat jakarta malang pegipegi,

Lanjut ke langkah 3, yakni mengisi data kontak dan calon penumpang yang mau berangkat. Nanti Pegipegi akan membuat rinciannya, termasuk total bayarnya. Berikutnya langkah 4, tinggal melakukan pembayaran. Opsinya banyak. Bisa pakai kartu kredit, transfer bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI), ATM, atau perbankan online.

Setelah proses pembayaran lancar, E-ticket siap dikirimkan ke alamat email. Cukup menunggu paling lama 1 jam alias 60 menitan. Nanti detail tentang terminal keberangkatan dan informasi penerbangannya tersedia. Terus kode booking tiketnya bisa diperlihatkan ke petugas check-in.

Kalau sudah serba fixed, tinggal siap-siap berangkat! Susunan Rencana Perjalanan: Kuliner ke 4 Warung Bakso di Malang. #RD

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.