Tentang “Challenges” Popular dan (Dianggap) Kekinian di Dunia Maya

Tentang “Challenges” Popular dan (Dianggap) Kekinian di Dunia Maya

tentang dont judge challenge
youtube.com

Di dunia maya, sedang musim apa sih?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu menggalaukan ya, Bro-Sist. Soalnya… jangankan tiap hari, tiap menit saja selalu ada topik baru yang tengah jadi santapan para netizen. Namun memang, ada beberapa topik panas yang bertahan jadi perbincangan.

Dan, salah-satu hal yang sering dipopularkan orang lewat internet adalah berbagai #challenges. Dalam Bahasa Inggris, arti kata challenge adalah tantangan. Dalam hal ini, biasanya tantang tersebut bersifat ajakan.

Khusus challenge di internet, yaitu semacam game di mana para pemainnya akan diuji oleh suatu hal. Sesuatu tersebut bisa bersifat konyol, menakutkan, menegangkan, menjijikan, memalukan, dsb, yang intinya sangat ‘berisiko’. Dan biasanya, sang penampil akan membuat siapapun penontonnya agar tergugah atau tergoda dan ngejabanin tantangan yang sama.

Daftar Challenge Popular di Dunia Maya

chubby bunny challenge adalah

Sebenarnya challenge di internet sangat banyak ya, Bro-Sist. Daku enggak yakin bisa menulisnya secara utuh atau lengkap. Tapi memang, ada beberapa yang sudah dilakoni oleh banyak orang.

Tentu saja, challenge itu ada yang dianjurkan dan banyak juga yang justeru tidak direkomendasikan, malah wajib dihindari. Di zaman Youtube seperti sekarang, orang memang bisa mengupload apa saja. Dari yang masuk akal sampai absurd sekalipun!

WARNING, ya! Sebagian dari list berikut hanya dijadikan sebagai informasi, bukan panduan untuk dilakukan. So, ini dia daftar challenge yang popular di internet, Youtube atau media sosial:

  • 30 Days Challenge. Sebenarnya tantangan ini bisa diisi dengan apa saja, yang penting jumlah harinya 30, atau sebulan. Misalnya para pengguna IG ditantang untuk mengupload poto berbeda-beda tema selama 30 hari, atau blogger memposting tulisan tanpa jeda selama 30 hari, atau pelajar menyisihkan sehari dua ribu selama 30 hari, dsb.
  • Abs Challenge. Abs atau perut menjadi objek utamanya, terutama yang perutnya buncit. Cukup popular di instagram. Sebenarnya tantangan ini bisa termasuk dalam 30 days challenge, sebab waktunya yang memang sebulan. Inti tantangannya, kita mesti mengubah perut buncit jadi rata. Caranya dengan melakukan latihan sit-up, leg raise (mengangkat kedua kaki sambil telentang), planking (seperti push ups, tapi biasanya memakai oto tangan sebagai tumpuan), crunch, dsb. Semakin hari jumlah latihannya ditambah. Biasanya ada jeda setelah tiga hari untuk istirahat.
  • Banana and Sprite Challenge. Kita diuji dengan memakan 2 buah pisang, lalu meminum Sprite seukuran 1L. Siapa yang kuat tidak muntah, dia lolos tantangan ini. HINDARI.
  • Chubby Bunny Challenge. Tantangannya dengan memakan marshmallow. Siapa yang paling banyak, dia yang menang. Bisa dibayangkan kalau semakin banyak marsmallow yang dimakan, pipi kita akan semakin chubby. Biasanya sambil memasukan makanan manis, kita juga sambil bilang ‘chubby bunny’.
  • Cinnamon Challenge. Tidak terlalu kekinian, tapi barangkali ada yang belum tahu. Cinnamon atau kayu manis sudah TIDAK manis lagi ketika masuk challenge ini. Jadi kita ditantang untuk memakan sesendok kayu manis bubuk dengan durasi sesingkat-singkatnya dan tanpa minum sesendok pun. Apa mudah? Tentu tidak. Tak hanya batuk-tersedak-bersin, malah ada yang sampai paru-parunya kolaps dan terkena infeksi. BAHAYA, HINDARI.
  • Dizzy Challenge. Kita berputar-putar, lalu ditantang untuk melakukan suatu tugas yang diberikan dalam keadaan pening. Yang ambruk, dia gagal dalam tantangan ini. BAHAYA. HINDARI.
Baca Juga :  Karena Jilboobs, Muslimah Tersudut

the dizzy challenge adalah

  • Ice & Salt Challenge. Pemain menaburkan salt (garam) ke atas kulit, lalu nanti kulit kita ditindih oleh ice (es). Kalau sudah meleleh rasanya pasti sakit. Disinilah tantangannya, kita mesti menahan rasa sakit itu. HINDARI. BAHAYA.
  • Kylie Jenner Lip Challenge. Bro-Sist mungkin tahu bagian tubuh mana yang sangat disorot dari Kylie Jenner akhir-akhir ini? Ya, bibirnya. Sebab yang sekarang lebih gendut, gitu. Sebagian ada yang memuji, banyak juga yang mencemooh dan menjadikannya parodi di dunia. Terciptalah tantangan bibir paling mirip KJ ini. -_-
  • One Day One Juz (ODOJ). Dari artinya, satu hari satu juz. Khusus bagi yang beragama Islam, tantangan yang satu ini begitu bagus dan Asal kita fokus pada hapalan atau bacaannya, bukan pada update status saja. Eh.
  • Raw Egg Challenge. Dari namanya saja, kita sudah menebak kalau tantangan ini melibatkan telur mentah. Semakin banyak, berarti tantangan semakin ditaklukan. Eww…
  • The 7 Second Challenge. Biasanya kita akan memiliki kompetitor atau pesaing. Si A memberi tugas/ mengajukan pertanyaan pada Si B dan mesti dilakukan/ dijawab dalam waktu 7 detik saja.
  • The Blindfolded Drawing Challenge. Kalau para ‘pemburu makhluk halus’ diajakin, kemungkinan besar bisa menang. Hehe… Kita memang ditugaskan untuk menggambar sesuatu dalam keadaan mata tertutup.
  • The Blindfolded Make Up Challenge. Seperti tantangan menggambar dalam keadaan ditutup, namun yang satu ini tantangannya yaitu berdandan. Nah, game ini biasanya jadi inspirasi Agustusan, ya? Hehe…
  • What’s In My Mouth Challenge. Sambil mata kita ditutup, seseorang akan memasukkan sesuatu pada mulut kita. Bisa makanan, bumbu dapur, bisa juga sampai mobil-mobilan dan kita mesti menebak dengan benar benda apa yang masuk itu.
Baca Juga :  11 Tanda Ada Sesuatu yang “Tidak Beres” Dengan Lawan Bicara Kita

Ah, ternyata banyak juga kalau sudah dituliskan, ya?

Ada juga tantangan seputar fitness atau diet, terus tantangan memakan makanan hewan peliharaan bersama hewannya sendiri (eww, JANGAN!), tantangan menjilat raket elektrik (JANGAN!), tantangan meminum susu yang jumlahnya keterlaluan (BAHAYA, JANGAN!), tantangan memakan makanan pedas (cabe, wasabi, sambel, dsb), dll. Banyak lagi.

Namun kali ini daku pengin sedikit membahas Don’t Judge Challenge ya, Bro-Sist. Pasti sudah mendengar?

Sekilas Tentang #DontJudgeChallenge

dont judge challenge adalah

Dulu Youtube disibukkan dengan tayangan tantangan “Ice Bucket Challenge”. Dan baru-baru ini ada salah-satu hastag challenge lain yang menyedot perhatian netizen. Pasti Bro-Sist sudah tahu #DontJudgeChallenge?

#DontJudgeChallenge adalah hastag video yang dipopularkan orang dalam berbagai akun media sosial atau Youtube. Durasinya singkat. Biasanya orang tersebut akan didandani dengan jelek. Misalnya dengan gincu berantakan, alis yang yang disatukan, ada tanda tahi lalat besar, berkacamata, giginya diotak-atik, dsb. Setelah berpose jelek, tangan orang itu akan menutup layar kamera. Cuma sebentar. Begitu dibuka, kini yang nampak masih orang yang sama, namun dengan versi lebih cakep.

Contohnya amat banyak, kok.

Dibalik Video #DontJudgeChallenge

poto mypaleskinblog Em Ford
Em Ford #MyPaleSkinBlog

#CMIIW. Banyak yang menduga kalau kampanye challenge ini mulai popular pasca kejadian yang menimpa Em Ford. Dia adalah seorang perempuan yang juga jadi blogger kecantikan. Di akun IG-nya, ia sempat mempopularkan hastag #MyPaleSkinBlog.

Hastag tersebut tentu disertai dengan poto-poto dirinya yang tanpa make-up. Sontak saja, sesuatu terjadi. Dia ‘kan merupakan beauty blogger, namun wajah polosnya berjerawat. Tak heran, hujan hujatan pun terjadi. Dia jadi bulan-bulanan para netizen.

Cerita belum selesai. Pasca menelan berbagai komentar pedas akan penampilan aslinya, ia pun menaburkan make up. Em Ford versi dandan sangat cantik. Hujatan pada wajahnya berkurang, banyak yang memujinya. Namun ternyata, banyak juga yang kembali mengucurkan kritik pedas padanya. Ia dianggap fake aka palsu karena sudah memanfaatan make up untuk menutupi kekurangan wajahnya. Nah…

Baca Juga :  3 Fokus Utama Di Hari Kesehatan Mental dan Jiwa Sedunia, Apa Saja?

Namun dari kejadian itu, dia dan kawan-kawan terinspirasi untuk membuat video dan mengunggahnya. Video tersebut bertajuk “You Look Disgusting” atau “Kamu Terlihat (Maaf) Menjijikan”. Menceritakan tentang cyber bullying atau bullying yang dilakukan di dunia maya oleh siapa saja, pada siapapun dan dengan kata-kata yang tak peduli semenyakitkan apa.

Video You Look Disgusting
Link di Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=WWTRwj9t-vU

Video itu juga sebenarnya memotivasi kita agar tidak malu akan penampilan diri sendiri. Bukan make up atau tidaknya, tapi apa kita percaya diri jadi sendiri atau tidak? Apa kita sudah benar-benar belajar menerima dan mencintai diri sendiri?

Manusia sudah diciptakan cantik dan sempurna. Jangan biarkan orang lain berkata jelek, apalagi dirimu sendiri. Begitulah kurang-lebih pesannya.

Topsy.com mengatakan, kalau setelah video itu muncul, muncul juga kampanye berhastag #DontJudgeChallenge. Sebetulnya inti dari kampanya itu bagus; kita ditantang untuk tidak men-judge orang. Sederhana, tapi bisa enggak, ya? Sedangkan menjudge itu sudah jadi ‘hobi’ kebanyakan orang. #Peace

Yang disayangkan dari #DontJudgeChallenge

kompilasi dont judge challenge
youtube.com

Maksud baik dari kampanye challenge ini justeru jadi dimaknai dengan keliru, ya. Banyak sekali pengunggah video yang seolah-olah menjadikan tantangan ini sebagai ajang lucu-lucuan, hanya bikin hal konyol dan malah seperti mengolok. Misalnya dengan membuat tampilan wajah begitu keterlaluan. Entah itu dengan menggambar tahi lalat besar pakai spidol, kacamatanya diperbesar dan dipertebal, mencoret gigi agar nampak hitam atau ompong, menggunakan obat merah pada wajah, menyambungkan alis dengan spidol dsb.

Dari fenomena ini, akhirnya banyak yang mengkritik. Sebab, secara tidak langsung pengunggah video sendiri sudah mengejek orang-orang yang berpenampilan ala mereka. Para pengunggah juga seperti menggiringkan penonton, bahwa yang jelek itu seperti anu dan yang cantik itu seperti itu. Lalu di mana letak kampanye baiknya, ya?

Nah, pada akhirnya… sekontroversial apapun sesuatu, semuanya kembali pada kita, pada kebijakan kita. Tentang “Challenges” Popular dan (Dianggap) Kekinian di Dunia Maya. #RD

You May Also Like

3 Comments

    1. Hehe… Iya, Mbak. Jadinya jarang yang ‘pesannya’ sampai. Banyaknya #DontJUdgeChallenge justeru ngejudge. hehe ^^v

  1. kok serem ya kak? setahu aku challenge gk ada yg kayak gitu lho… tapi aku baru tahu kalo ada yg kayak gitu juga hehehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.