Home » Your Files » Tips ASI Eksklusif yang Melimpah dan Maksimal dengan Pompa Asi

Tips ASI Eksklusif yang Melimpah dan Maksimal dengan Pompa Asi

images 1

Image via : The Asian Parents

Apa itu ASI Eksklusif? ASI ini didefinisikan sebagai proses pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif, full selama enam bulan tanpa adanya pemberian minuman dan makanan lainnya. Jika tidak ada kontraindikasi atau keadaan medis tertentu, para tenaga kesehatan dan dokter spesialis anak sangat merekomendasikan ASI Eksklusif.

Naluri seorang ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam hal pemberian ASI Eksklusif. Namun sebagian ibu terkendala dengan situasi tertentu, misalnya karena masa cuti sudah selesai sehingga mesti kembali bekerja. Beberapa ibu juga kadang mesti bepergian tanpa membawa bayi mereka. Oleh karena itu, mereka memerlukan pompa ASI demi menunjang misi pemberian ASI Ekslusif.

Pompa asi bisa dilakukan secara manual atau memakai tangan. Banyak juga ibu yang memilih alat khusus seperti pompa asi elektrik dan pompa elektrik manual. Menurut dokter spesialis anak dari Primaya Hospital Bekasi Utara, dr. Ernawati Kusumaningrum, Sp.A, ASI dari botol hasil pompaan pun termasuk ASI Eksklusif. Namun ada beberapa panduan yang mesti diperhatikan ketika menggunakan pompa asi agar hasilnya berlimpah dan berkualitas, yaitu sebagai berikut:

  1. Sering seringlah memompa ASI. Jika ibu mesti bekerja, luangkan waktu dulu untuk memompa ASI sebelum berangkat, ketika di tempat kerja, dan setelah pulang bekerja. Ibu yang sudah menyusui pun masih bisa memanfaatkan waktu untuk memompa ASI selagi air susu ibu masih mengalir.
  2. Kondisi psikologis yang buruk bisa mengganggu bahkan menghambat produksi ASI. Oleh karena ibu, sebaiknya ibu menyusui atau busui rileks dan bahagia ketika memompa ASI nya. Pasangan, orang-orang di sekitar atau lingkungannya pun sebaiknya mendukung agar sang ibu terhindar dari rasa stres, ketegangan, dan kecemasan. Jangan sampai membebani hati dan pikiran ibu menyusui.
  3. Produksi ASI akan lebih optimal jika ibu rutin meminum air putih, setidaknya delapan gelas setiap harinya. Sayuran dan aneka jus buah juga sangat bagus. Sebaiknya hindari dulu minuman bersoda dan berkafein.
  4. Asupan nutrisi harus lebih ditingkatkan. Sumbernya bisa dari daging, ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, umbi-umbian, susu, ikan, dsb.
images 3

Image via: Popmama.com

Tips agar pemberian ASI Eksklusif dengan pompa ASI bisa optimal:

Baca Juga :  Kesamaan Gaya Bahasa dan Cara Berpidato Antara Pejabat dan Ustadz
  • Jaga kebersihan dasar, yakni dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat.
  • Alat pompa ASI pun mesti steril. Pelajari dan cermati bagian-bagian yang mesti dicuci, dibersihkan, atau dijaga agar selalu steril. Misalnya bagian botolnya, corongnya, dan katup atau klepnya. Rendam bagian alat pompa ASI dengan air panas yang sudah diberi sabun khusus untuk mencuci botol bayi. Kemudian cuci dan bilas menggunakan air hangat. Selanjutnya siram dengan air panas mendidih agar anda yakin peralatan pompa ASI sudah bersil steril. Keringkan dengan lap yang bersih atau tisu.
  • Wadah untuk menampung air susu dan sikat pembersihnya pun harus dipastikan kebersihannya. Sebaiknya tidak mencampuradukkan perlengkapan pompa ASI dengan peralatan dapur, misalnya dengan menempatkan pompa ASI pada tempat atau bak cuci piring. Dengan demikian, pompa ASI bisa terhindar dari kontaminasi bakteri, kotoran, kuman, dan jamur.
  • Pilih alat pompa asi manual atau pompa asi elektrik yang sesuai dengan kenyamanan dan kecocokan. Merek pompa ASI pun variatif, ibu bisa memilah dan memilih mana yang paling menunjang keberhasilan ASI Eksklusif.
    Alat pompa ASI manual dan elektrik memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dari segi harga, pompa ASI manual biasanya lebih murah. Tetapi penggunaannya tidak langsung mudah, sebab perlu latihan dan ketelatenan. Sedangkan alat pompa ASI elektrik bisa berproses dengan cepat dan penggunaannya juga lebih mudah dipahami, sebab prosesnya emang otomatis memanfaatkan tenaga listrik. Namun semuanya kembali pada kualitas dan cara yang dilakukan ibu menyusui ketika memompa ASI. Anda bisa melihat gambarannya pada Pompa ASI di Mothercare. Pada umumnya, produk alat pompa ASI disertai dengan petunjuk atau panduan. Anda bisa membaca, memahami, dan mengikuti panduan tersebut agar pemberian ASI Eksklusif bisa maksimal.
Baca Juga :  9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website Toko Online

ASI Eksklusif yang optimal, dengan atau tanpa pompa ASI, memang menjadi impian bagi setiap ibu. Sebab, pemberian ASI Eksklusif berpengaruh baik bagi tumbuh kembang anak. Jika.ada keluhan terkait pemberian ASI Eksklusif, anda bisa langsung konsultasikan ke dokter atau konsultan khusus laktasi agar segera mendapat pemeriksaan dan penanganan. #KA

error: